Sementara ini ada empat kepala negara yang rencananya hadir termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Denpasar (ANTARA News) - Empat kepala negara di kawasan Asia Tenggara dijadwalkan menghadiri pelaksanaan Bali Democracy Forum, (BDF) VII yang digelar 10--11 Oktober 2014.

"Sementara ini ada empat kepala negara yang rencananya hadir termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Komandan Satuan Tugas Pengamanan BDF VII, Brigadir Jenderal TNI Ruslian Hariadi di Denpasar, Senin.

Menurut dia, kepala negara itu di antaranya Presiden Filipina, Benigno Aquino, Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, dan Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah.

Pertemuan tingkat menteri luar negeri di kawasan Asia Pasifik itu membahas peluang kerja sama pembangunan politik dan demokrasi di kawasan.

Forum demokrasi tahun ini akan mengangkat tema memperkuat arsitektur demokrasi di kawasan untuk menjawab tantangan pembangunan politik dan partisipasi publik

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan membuka forum tersebut sekaligus sebagai forum BDF terakhir yang akan dihadiri oleh Presiden Yudhoyono.

Lebih lanjut Ruslian mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan kegiatan pengamanan maksimal di Bali selaku tuan rumah penyelenggaraan BDF dengan melibatkan sedikitnya 4.600 personel gabungan TNI-Polri. (*)

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014