Jakarta (ANTARA News) - Peristiwa kebakaran yang terjadi di pemukiman padat penduduk di kawasan Plumpang Jakarta Utara pada Senin pagi telah menghanguskan 40 rumah penduduk yang ada di wilayah itu.

"Kebakaran terjadi di RW 03, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara sekitar pukul 09.30 WIB, sebanyak 40 rumah hangus dilalap si "jago merah", kerugian sekitar Rp100 juta," kata Kasi Operasional Pemadam Kebakaran Penanggulangan Bencana (PB) Jakarta Utara Muchtar Zakaria di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan sebanyak 18 unit kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini.

"Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya, masih diselidiki," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan karena lokasi kebakaran berdekatan dengan depo Pertamina Plumpang petugas langsung mengantisipasi agar api tidak menjalar ke depo.

"Api baru dapat di padamkan sekitar pukul 11.00 WIB dan seluruh unit telah kembali," kata dia.

Menurutnya, pemukiman yang terbakar sebagian adalah rumah semi permanen di mana akses menuju lokasi cukup sulit, karena hanya gang sempit yang dapat dilalui kendaraan roda dua.

Terkait sumber api masih diselidiki, ada yang mengatakan dari kompor yang meledak, namun ada juga yang menyebut berasal dari arus pendek, oleh sebab itu penyebab pasti hingga saat ini belum diketahui, katanya.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014