Ottawa (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Kanada John Baird menjanjikan 10 juta dolar Kanada (9 juta dolar AS) untuk membantu korban kekerasan seksual dan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh kelompok ISIS.

Menteri John Baird mengatakan kepada parlemen "kebrutalan organisasi itu sesuai dengan kebejatannya."

"Dalam satu kasus selama musim panas ini sekitar 150 perempuan dan anak perempuan digiring, sebagian besar Kristen dan Yazidi, dan mengirim mereka ke Suriah untuk diberikan kepada kepada para pejuang (ISIS), baik sebagai hadiah atau untuk dijual sebagai budak seks," katanya, seperti dilaporkan AFP.

"Pasukan Irak yang merebut kembali kota-kota dari para pejuang ISIS telah melaporkan temuan banyak wanita telanjang diikat di pohon."

Ia selanjutnya mengumumkan bantuan 5 juta dolar Kanada untuk Reaksi Cepat Keadilan dan Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia untuk menyelidiki perkosaan dan pelanggaran hak asasi itu.

Lebih lanjut, 5 juta dolar Kanada akan digunakan untuk pencegahan dan penanganan kekerasan seksual, termasuk peningkatan akses ke layanan dan pengobatan bagi pengungsi Suriah dan Irak dan lain-lain yang telah menjadi korban kekerasan di wilayah ISIL, yang terkena dampak, katanya.

Baird membuat janji pada awal persidangan House of Commons tentang apakah Kanada harus bergabung dengan koalisi internasional meluncurkan serangan udara pada Kelompok Negara Islam di Irak.

Parlemen diharapkan memberikan lampu hijau kepada misi militer dalam pemungutan suara pada Selasa.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014