Roma (ANTARA News) - Negara-negara berkembang yang perekonomiannya sangat mengandalkan pertanian menyerukan transparansi lebih besar dan mendukung untuk memerangi gejolak harga serta melindungi produk-produk mereka di pasar internasional, kata pejabat FAO, Senin.

Pada pertemuan yang diselenggarakan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) di Roma, sekitar 30 menteri di sektor ini, terutama dari Afrika, juga menekankan kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing pertanian negara-negara mereka.

"Selama 40 tahun kami telah melihat harga pangan dua kali atau tiga kali lipat, dan meskipun faktanya mereka turun selama enam bulan terakhir, mereka jauh lebih tinggi daripada mereka sebelum 2012," kata Direktur Jenderal FAO Jose Graziano da Silva.

Namun dia menambahkan bahwa volatilitas harga pangan cenderung menutupi kesulitan struktural lainnya, terutama bagaimana akses ke pasar-pasar terhalang untuk produsen-produsen komoditas bahan mentah kecil, hampir satu miliar di seluruh dunia, yang tertinggal di pinggir jalan.

Dari kopi, kakao hingga kapas, pasar ini melibatkan "bahan baku yang diproduksi oleh pemilik kecil tetapi dipasarkan oleh mata rantai nilai tinggi yang didominasi oleh rantai internasional besar," kata David Hallam, direktur pasar dan perdagangan di FAO.

Maham Zoungrana, menteri pertanian dari Burkina Faso, mengutip sebagai contoh produksi kapas penting negaranya sendiri, yang terus-menerus di bawah ancaman dari persaingan oleh pengurangan produksi negara-negara utara, termasuk Amerika Serikat.

"Disfungsi ini mengancam kemakmuran dan perdamaian di dunia," ia mengatakan dalam seruannya kepada FAO untuk meminta dukungan.

Menteri Pertanian Malawi Allan Chiyembekeza juga berbicara tentang penderitaan petani kecil di Afrika. "Sebagian besar petani kecil menghadapi kendala: produktivitas rendah, kepatuhan rendah terhadap permintaan pasar," katanya.

Mereka tidak memiliki informasi dan "proses internasional tidak cukup transparan," katanya, menekankan bahwa "FAO adalah badan yang relevan untuk menyediakan informasi."

Pemerintah masing-masing negara juga memiliki peran langsung untuk bermain "dalam menciptakan peluang pasar dan menghubungkan produsen kecil ke pasar," tambahnya.

Untuk James Sasy, menteri pertanian dari Sierra Leone yang sangat tergantung pada kakao dan kopi, produksi tahun ini telah sangat terganggu oleh wabah virus Ebola mematikan di Afrika Barat.

"Ebola memiliki dampak serius pada sektor pertanian dan secara serius mengganggu produksi karena orang-orang yang sangat terdampak adalah petani," katanya.

"Dukungan ini tidak cukup, kita masih membutuhkan lebih banyak dukungan dari negara-negara dan bantuan organisasi," tambahnya.

Dirjen FAO Graziano mengatakan badan PBB itu akan "meningkatkan produksi pangan dan perlindungan untuk memastikan orang memiliki akses ke pangan yang mereka butuhkan."

Pertemuan FAO, yang ketiga sejak 2012, dilakukan ketika harga biji-bijian dan kedelai telah mencapai tingkat terendah sejak 2010 karena berlimpahnya ketersediaan tanaman di pasar dunia, setelah naik tajam dalam tiga tahun dari lima tahun terakhir.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014