Jakarta (ANTARA News) - Pemeran utama film 3 Nafas Likas, Atiqah Hasiholan, mengatakan mempelajari karakter Likas Tarigan yang dimainkannya dari buku biografi Perempuan tegar dari Sibolangit karya Hilda Unu dan Senduk.

"Saya riset mempelajari karakter Ibu Likas dari buku biografinya. Buku itu menunjukkan seperti apa karakternya dengan jelas," kata Atiqah di Epicentrum, Jakarta, Selasa

Ia mengatakan dari buku itu ia seperti mengenal langsung sosok Likas dan semakin terinspirasi oleh sosok wanita yang tegar itu.

Selain buku, Atiqah menuturkan memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan istri Letjen Djamin Gintings sehingga dapat mempelajari dan memahaminya lebih dalam.

"Saya juga bisa mengenal Ibu Likas dalam pertemuan langsung. Beliau masih sehat dan dalam pertemuan itu saya semakun terinspirasi olehnya," katanya.

Dari buku dan pertemuan, ia menilai Likas Tarigan memang sosok wanita yang tegar dan kuat. Semua ceritanya pun begitu menggugah dan inspiratif.

"Ingatan beliau masih masih tajam, beliau masih ingat setiap tanggal pasti peristiwa-perisiwa penting. Saya sendiri tidak yakin akan ingat setiap tanggal. Selain itu, beliau memang luar biasa tegar," katanya.


Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014