Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Pameran Hasil Litbang Unggulan di Plasa Pameran Industri, Kementerian Perindustrian, Jakarta.

Pameran tersebut dibuka Kepala Badan Pengkajian Kebijakan, Iklim dan Mutu Industri (BPKIMI) Arryanto Sagala.

Siaran pers Kemenperin menyebutkan pameran tersebut diselenggarakan  7 – 10 Oktober 2014 dan dibuka untuk umum pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Pameran hasil litbang unggulan diikuti sebanyak 40 peserta, yang terdiri dari Unit Pusat BPKIMI, 11 Balai Besar, 11 Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri, Balai Sertifikasi Industri, dan 16 Industri Mitra Binaan Balai.

Kegiatan rutin setiap tahun tersebut kali ini memilih tema Litbang Menuju “Kemandirian Industri”.

"Sebagai bangsa yang ingin maju, kita harus meningkatkan kemampuan dalam penguasaan teknologi dan berinovasi,” kata Kepala BPKIMI.

BPKIMI mempunyai 23 unit Balai dengan jumlah SDM Peneliti sebanyak 318 orang dan Perekayasa sebanyak 55 orang.

Arryanto Sagala mengemukakan dunia usaha di sektor industri sangat membutuhkan litbang terapan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya, antara lain: litbang yang mengarah pada substitusi bahan baku/bahan penolong dalam rangka mengurangi ketergantungan industri nasional terhadap impor; litbang untuk mengurangi masalah-masalah limbah baik untuk meminimalisir terjadinya limbah maupun memanfaatkan limbah menjadi produk unggulan; dan litbang untuk konservasi atau substitusi energi dalam mendukung program industri hijau.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014