Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur Basuki Thajaja Purnama mengatakan pemerintah provinsi DKI akan menyiapkan berbagai macam fasilitas yang berguna untuk memperlancar kegiatan Asian Games 2018 yang mana Jakarta akan menjadi tuan rumahnya.

"Kami akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk meminjam apartemen di daerah kemayoran, dan kita minta dipinjamkan selama satu sampai dua bulan," kata Ahok panggilan akrab Wagub DKI ini di Jakarta, Selasa.

Selain fasilitas seperti apartemen, Pemprov DKI juga akan akan membangun sistem jaringan Kereta Api (KA) ringan dan sistem bus transit rapid.

Terkait anggaran untuk Asian Games Ahok mengatakan presiden terpilih Joko widodo akan membantu karena waktunya hanya tinggal beberapa tahun lagi.

"Jadi nanti pak Jokowi begitu naik ke pusat, beliau akan bantu juga soal anggaran," kata pria yang pernah menjadi wali kota Belitung Timur itu.

Disamping itu, Ahok menambahkan DKI juga akan mengirim atlet-atlet berprestasi ke Tiongkok.

"Komite olimpiade Tiongkok sudah menawarkan kepada kami untuk mengirim atlet-atlet berpotensi untuk berlatih selama tiga tahun di Tiongkok," ujarnya.

Menurut Ahok, atlet-atlet yang akan dikirim ke Tiongkok harus mereka yang benar-benar berpotensi.

"Saya berharap jangan atlet-atlet loyo yang di kirim ke Tiongkok, yang memungkinkan setelah berlatih selama tiga tahun bisa mendapatkan emas saja yang dikirim ke sana," tambahnya.

Cabang-cabang olahraga yang menurut Ahok dapat dikirim ke Tiongkok yakni, wushu, Angkat besi dan juga olahraga Senam.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014