Jakarta (ANTARA News) - Dalam wawancara terbaru dengan Majalah fesyen Prancis, Marie Claire, aktris Angelina Jolie "blak-blakan" berbicara tentang Ibunya.

Ibunda Jolie, yang bernama Marcheline Bertrand, meninggal pada 2007, setelah berusaha keras untuk sembuh dari kanker ovarium, Bertrand sangat mempengaruhi hidup aktris yang membintangi film Tomb Raider ini.

Jolie juga mencurahkan rasa cintanya yang begitu besar terhadap Bertrand dalam wawancara tersebut, seperti dilansir Entertainment News.

"Dia sangat lembut tapi mampu seperti 'memindahkan gunung' untuk anak-anaknya. Hal itu adalah sesuatu yang selalu saya kagumi pada wanita, yakni paduan dari kelembutan dan kekuatan," ungkap Jolie.

Bertrand juga membentuk karakter Jolie menjadi wanita yang penuh kasih seperti tercermin dalam berbagai kegiatannya saat ini.

Jolie, ibu enam anak ini, mengungkapkan kenangan kecilnya yang berkesan ketika diajak makan malam untuk acara Amnesty International.

"Dia selalu berusaha untuk memahami kerumitan dunia. Dia memiliki hati yang besar, yang sensitif terhadap kekerasan di dunia," kata Jolie.

Jolie telah menjadi pendukung loyal untuk sejumlah lembaga amal, seperti Jolie-Pitt Foundation, ONE Campaign dan UNICEF. Dia juga terus melakukan advokasi untuk menghapus kemiskinan di seluruh dunia.

Rasa cinta dan hormat Joly kepada ibunya juga terlihat ketika ia menikah dengan aktor Brad Pitt pada Agustus lalu.

Menjelang pernikahan, Pitt menyampaikan pesan khusus secara pribadi untuk menghormati Marcheline, di mana pesan itu disematkan Pitt di kapel rumah Jolie dan Pitt di Prancis.

"Saya juga mengenakan cincin bunga kecil yang merupakan miliknya. Dan Jamie [kakak Jolie] mengenakan pin malaikat dari kotak perhiasan sang Ibunda," ujar Pitt.

Meskipun Jolie begitu merasakan semangat ibunya pada hari pernikahan dengan Pitt, hal-hal yang mengingatkan Jolie tentang Ibunya selalu muncul dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya merasa dekat dengan Ibu saya ketika melihat anak-anak saya. Saya bisa merasakan pengaruhnya atas saya. Saya merasakan cara membesarkan anak-anak saya, sama dengan cara Ibu membesarkan saudara saya dan  saya sendiri," jelas Jolie.

Dia menambahkan, "pengaruh itu lebih jelas tampak pada anak saya Shiloh dan Vivienne. Oleh karena itu, ya, ibu saya ada di sana, hadir dalam pengaruh ini, sepanjang waktu," ujar Jolie.(*)

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014