Jakarta (ANTARA News) - Maskapai Garuda Indonesia meluncurkan album berisi lagu-lagu daerah dengan judul The Sounds of Indonesia Volume III yang akan diperdengarkan selama penerbangan maupun di setiap lounge dan kantor penjualan Garuda.

Acara peluncuran Album The Sound of Indonesia III ini dilaksanakan di Jakarta, Rabu, dan dikemas dalam konsep acara ke-Indonesiaan, dengan tema Bringing the Best of Indonesia to the World serta dihadiri antara lain oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Mari Elka Pangestu, jajaran Direksi Garuda Indonesia, serta musisi Addie MS.

"The Sound of Indonesia merupakan koleksi lagu-lagu daerah dan tradisional dari seluruh penjuru Indonesia yang diaransemen ulang dalam bentuk musik orkestra oleh Addie MS sebagai upaya mengenalkan budaya Indonesia melalui layanan kami," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

Ia mengatakan, Album The Sounds of Indonesia Volume III ini merupakan kelanjutan dari dua album The Sounds of Indonesia sebelumnya yang telah meraih sukses dan diterima dengan baik di pasar.

Emirsyah menambahkan album ini disiapkan khusus oleh Garuda Indonesia bekerja sama dengan Addie M.S untuk menjaga kelestarian kesenian Indonesia khususnya lagu lagu daerah.

"Kami juga berharap, dan dengan aransemen ulang musik orkestra yang dihadirkan melalui album ini, masyarakat juga dapat menikmati lagu-lagu daerah yang selama ini sudah sering didengar dengan warna dan nuansa yang berbeda," kata Emirsyah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada apa yang dilakukan Garuda Indonesia di dalam melakukan program Garuda Indonesia Experience.

"Karena ini benar-benar semangat yang kita kembangkan di industri kreatif berbasis lokal tapi dengan semangat kontemporer atau world class. Garuda Indonesia sebagai national carrier kita mencerminkan dan membawa branding dari Indonesia, serta menceritakan what is wonderful about Indonesia," katanya.

Sementara itu, musisi Addie MS dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pengerjaan The Sounds of Indonesia Volume III ini mengorkestrasikan lagu-lagu daerah Indonesia sedemikian rupa sehingga lagu-lagu tersebut bisa dirasakan dan dinikmati dari perspektif yang berbeda.

"Peluncuran album ini perlu diapresiasi karena menjadi salah satu bentuk sumbangsih dari Garuda Indonesia untuk seni budaya Indonesia," katanya.

Beberapa lagu nasional dan daerah yang diaransemen ulang dalam album The Sounds of Indonesia Volume III antara lain Tanah Airku karya Ismail Marzuki, Alusi Au (Sumatera Utara), Walang Kekek (Jawa Tengah), Bubuy Bulan (Jawa Barat), Si Patokaan (Sulawesi Utara), Aceh Lon Sayang (Aceh), Tanduk Majeng (Jawa Timur), Sabarai Sabarai (Kalimantan Timur), Mande Mande (Maluku), dan Lancang Kuning (Riau).

Sebelumnya pada Juli 2012 lalu, Garuda Indonesia bekerja sama dengan Addie MS telah meluncurkan album The Sounds of Indonesia Volume I dan II yang berisikan lagu-lagu tradisional Indonesia seperti Manuk Dadali (Jawa Barat), Rasa Sayange (Maluku), Soleram (Riau), Anging Mamiri (Sulawesi Selatan), Keroncong Kemayoran (DKI Jakarta), dan O Ina Ni Keke (Sulawesi Utara).

Selain itu juga lagu Lisoi (Sumatera Utara), Ampar-ampar Pisang (Kalimantan Selatan), Jali-jali (DKI Jakarta), Gending Sriwijaya (Sumatera Selatan), dan Yamko Rambe Yamko (Papua).

(H016/R010)

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014