Kalau KMP menjegal atau menghambat program pembangunan yang diajukan pemerintah, mereka akan berhadapan dengan masyarakat"
Kendari (ANTARA News) - Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara), Hugua, menyatakan Koalisi Merah Putih (KMP) yang menguasai parlemen akan memperkuat pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla berjalan sesuai koridor konstitusi negara.

"Dengan kontrol atau pengawasan yang kuat dari parlemen, pemerintahan akan berjalan sesuai koridor perundang-undangan yang berlaku dan bisa menekan berbagai bentuk pelanggaran dan penyelewengan," kata dia di Kendari, Kamis.

Menurut dia, pemerintahan dan parlemen ibarat matahari dan bulan yang menjalankan tugas menyinari Bumi bagi kehidupan makhluk di muka bumi.

"Tugas pemerintah menjalankan berbagai program pembangunan untuk kesejahteraan rakyat, sedangkan parlemen menentukan anggaran, membuat regulasi dan mengawasi program pembangunan yang dijalankan pemerintah," katanya.

Menurut dia, jika pemerintah menjalankan program pembangunan untuk kesejahteraan rakyat sesuai koridor undang undang, parlemen pasti akan mendukungnya.

"Kalau KMP menjegal atau menghambat program pembangunan yang diajukan pemerintah, mereka akan berhadapan dengan masyarakat. Anggota parlemen dari KMP, pasti akan mendapat sanksi tidak akan dipilih lagi oleh rakyat saat pemilu mendatang," katanya.

Namun Ketua PDIP Sultra dan juga Bupati Wakatobi ini tidak yakin KMP akan menjadi koalisi parmanen.





Pewarta: Agus
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014