investasi dapat meningkatkan kapasitas produksi guna memperkuat ekspor yang akhirnya memperkuat perekonomian negara.
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk memperkuat ekspor nasional dengan mengupayakan peningkatan investasi ke dalam dan ke luar negeri.

"Investasi dan perdagangan merupakan dua hal penting, karena itu investasi dapat meningkatkan kapasitas produksi guna memperkuat ekspor yang akhirnya memperkuat perekonomian negara," kata Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi di sela seminar "Trade Investment" di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan dengan forum ini menjadi tempat penyampaian kebijakan Pemerintah Indonesia dalam menghadapi peluang dan tantangan perdagangan global.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membangun sinergi yang positif antara pemerintah dan dunia usaha dalam meningkatkan kinerja di sektor investasi dan perdagangan," katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala BKPM Mahendra Siregar yang mengaku bersemangat mendorong investor Indonesia untuk bisa mengusai pasar luar negeri.

"Saat ini pemerintah terus mendorong investor Indonesia mendekati pasar luar negeri," katanya.

Ia berharap dengan investasi di luar negeri dapat meningkatkan ekspor produk Indonesia dan membangun jaringan di dunia internasional.

"Investasi di luar negeri dapat memberikan perluasan mitra usaha dan dapat meningkatkan ekspor produk lokal," katanya.

Ia mengatakan investasi pada industri yang berorientasi ekspor dan bahan baku lokal merupakan salah satu yang diprioritaskan.

"Mudah-mudahan dengan begitu Indonesia tidak sekedar menjadi basis konsumsi, namun juga menjadi basis produksi, terutama di kawasan Asia Pasifik," katanya.***2***Budi Suyanto

(T.SDP-79/B/B008/B008) 09-10-2014 11:57:26

Pewarta: M Agung Rajasa
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014