Beirut (ANTARA News) - Kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah menguasai lebih dari sepertiga kota Kobane yang terletak di perbatasan Suriah-Turki setelah pertempuran sengit yang menewaskan lusinan orang, lapor Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) seperti dikutip AFP.

"Kendati menghadapi perlawanan sengit dari pasukan Kurdi, ISIS bergerak maju semalaman dan menguasai lebih dari sepertiga Kobane," kata Rami Abdel Rahman, direktur SOHR kepada AFP.

Dia mengatakan seorang pemimpin milisi Kurdi dan beberapa anak buahnya terbunuh manakala kaum militan menguasai sebuah bangunan yang mereka gunakan sebagai basis di timur laut kota itu.

SOHR mengatakan bahwa para petempur ISIS menutup sebuah area yang dipenuhi beberapa gedung pemerintah dan komando pasukan Kurdi YPG memerangi para militan itu.

Abdel Rahman mengatakan gerak maju ISIS melambat karena perlawanan dari Kurdi dan pemboman lewat udara oleh koalisi pimpinan AS.

Dia mengatakan salah satu serangan itu menerjang sebuah gedung pasukan keamanan Kurdi setelah dikuasai oleh militan ISIS. Namun meskipun diserang, ISIS kini mengendalikan sebagian besar wilayah timur kota itu dan maju dari sana ke bagian barat Kobane.

Mereka juga menguasai bagian-bagian selatan dari kota tersebut. SOHR mengungkapkan paling tidak 42 militan ISIS terbunuh dalam perang memperebutkan Kobane Rabu pekan ini, termasuk 23 orang selama serangan udara dari pasukan koalisi.

15 tentara Kurdi terbunuh, kata SOHR seperti dikutip AFP.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014