Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia U-19 terus mendapatkan dukungan guna menghadapi Piala Asia 2014 di Yangon, Myanmar, 9-23 Oktober yang salah satunya adalah 40 juta dukungan dari masyarakat melalui program Ayo! Indonesia Bisa.

Johan Lie dari program Ayo! Indonesia Bisa di Jakarta, Kamis mengatakan, banyaknya dukungan melalui website www.ayoindonesiabisa.com ini menunjukkan jika masyarakat sangat peduli dengan perkembangan Timnas Garuda Jaya.

"Dukungan ini diharapkan dapat membakar semangat juang timnas yang harus bertanding jauh dari Tanah Air. Apalagi dukungan langsung suporter ke sana (Myanmar) tidak sebanyak di sini," katanya.

Banyaknya dukungan, kata dia, membuktikan jika masyarakat Indonesia adalah suporter sejati dan banyak menaruh harapan pada anak asuh Indra Sjafri agar mampu berbicara banyak sehingga mampu memenuhi target yang dibebankan.

Timnas Garuda Jaya pada kejuaraan bergengsi di Asia ini adalah harus mampu masuk ke semifinal. Jika bisa memenuhi target, Evan Dimas dan kawan-kawan juga akan mendapatkan bonus ganda karena secara otomatis akan lolos ke Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.

"Melihat pentingnya turnamen ini serta besarnya dukungan dan harapan dari masyarakat Indonesia, maka kami mewujudkan dukungan itu dalam sebuah Banner Foto Raksasa berukuran 16m x 4m yang memuat foto para pendukung setia sepak bola Indonesia," katanya.

Banner Foto Raksasa selain dibentangkan di Indonesia, kata dia, juga akan dibentangkan di Myanmar selama Piala AFC U-19 berlangsung. Indonesia yang tergabung dalam Grup B akan menjalani pertandingan perdana melawan Uzbekistan, Jumat (10/10).

Besarnya dukungan dari masyarakat ini juga mendapatkan apresiasi dari pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Menurut dia, dukungan yang diberikan merupakan bentuk doa yang tulus dari seluruh suporter sejati Indonesia.

"Saya terharu melihat besarnya aliran dukungan dari masyarakat melalui gerakan Ayo! Indonesia Bisa ini. Bagi saya dan tim, dukungan ini adalah apresiasi yang luar biasa dari masyarakat akan jerih payah kami untuk memajukan sepak bola," katanya melalui pesan singkat.

Pelatih asal Sumatra Barat itu menegaskan, dukungan melalui program Ayo!Indonesia Bisa ini diharapkan menjadi cambuk bagi Evan Dimas dan kawan-kawan untuk memberikan hasil yang terbaik bagi Timnas Garuda Jaya.

Setelah menghadapi Uzbekistan di Thuwunna Stadium, Yangon, Jumat (10/10), Timnas Indonesia U-19 selanjutnya akan menghadapi Australia ditempat yang sama, Minggu (12/10). Adapun pertandingan penyisihan Grup B terakhir menghadapi Uni Emirat Arab di Wunna Theikdi Stadium, Nay Pyi Taw, Selasa (14/10.

(B016/Y008)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014