Itu hanya terjadi pada kloter-kloter awal saja, setelah kloter lima ke atas biasanya sudah normal kembali atau sudah sesuai jadwal."
Makassar (ANTARA News) - Pemulanan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) Debarkasi Hasanuddin, Makassar mengalami penundaan sekitar enam jam dari pukul 02:00 Wita menjadi pukul 08:15 Wita.

"Kami sudah mendapat informasi dari Siskohat di Asrama Haji Sudiang, Makassar bahwa jamaah haji Kloter 1 diundur kedatangannya di Makassar, sehingga kami tidak perlu datang dini hari," kata salah seorang penjemput jamaah haji Kloter I Ardiyansyah di Makassar, Jumat dinihari.

Dia mengatakan, semula bersama keluarga sudah siap menuju asrama untuk menjemput ayahnya H Rahim dari tanah suci Makkah, namun karena mendapat telepon dari petugas haji bahwa pesawat yang akan mengangkut jamaah sebanyak 455 orang itu mengalami penundaan.

Mengenai penundaan pemberangkatan jamaah haji dari Jeddah, Arab Saudi menuju Debarkasi Hasanuddin, Makassar, diakui Kabid Pengelola Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag H Iskandar Fellang.

Menurut dia, penundaan itu terjadi, hampir setiap musim pemulangan jamaah haji khususnya untuk Kloter 1, karena harus antre dulu dengan jamaah haji dari debarkasi lainnya untuk keluar dari Bandara King Abdul Azis, Arab Saudi.

"Itu hanya terjadi pada kloter-kloter awal saja, setelah kloter lima ke atas biasanya sudah normal kembali atau sudah sesuai jadwal," katanya.

Sementara itu, keluarga jamaah haji yang tidak mendapatkan informasi tentang penundaan pesawat Kloter 1 menuju tanah air, sudah mendatangi asrama haji sejak Kamis (9/10) malam.

"Ya, kami sudah terlanjur ke asrama, karena dipikir Kloter 1 akan tiba dini hari. Padahal besok pagi baru akan tiba," katanya sembari menambahkan, terpaksa bersama keluarganya menginap di mobil saja.  (S036/B013)

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014