Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi meluncurkan iklan layanan masyarakat korban rokok yang berjudul "Berhenti Menikmati Rokok Sebelum Rokok Menikmatimu", di salah satu bioskop kawasan Jakarta Selatan, Jumat.

Penayangan iklan layanan masyarakat yang digagas oleh Kemenkes dan "World Lung Foundation" ini diselaraskan dengan gerakan nasional #30HariTanpaRokok.

Selain itu, iklan ini juga ditayangkan di sejumlah televisi nasional, bioskop dan YouTube selama empat pekan ke depan.

Menkes mengatakan berdasarkan data WHO epidemi tembakau telah membunuh sekitar enam juta orang per tahunnya, di mana sekitar 600 ribu orang di antaranya merupakan perokok pasif.

"Jika tidak ada penanganan yang serius, maka pada tahun 2030 diperkirakan jumlah korban akan terus bertambah menjadi delapan juta orang dan sebagian besar terjadi di negara berkembang," ujarnya.

Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013, kata Menkes, menunjukkan bahwa perokok usia di atas 15 tahun sebanyak 36,3 persen.

"Sebagian besar dari mereka adalah perokok laki-laki dengan prevalensi 64,9 persen dan jumlah ini terbesar di dunia," katanya

Sementara itu, lanjutnya, prevalensi pada perempuan mengalami peningkatan dari 5,2 persen pada tahun 2007 menjadi 6,9 persen pada tahun 2013.

"Salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam pengendalian merokok adalah masih kuatnya iklan, promosi dan sponsor perusahaan rokok," katanya.

Hal tersebut, menurut dia, dilakukan secara masif dan intensif serta tertuju pada anak-anak agar menjadi perokok pemula.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan upaya pengendalian tembakau.

Iklan ini menampilkan testimoni dari Manat Hiras Panjaitan yakni korban rokok karena menderita kanker tenggorokan.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014