Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia sementara tertinggal dua gol pada babak pertama melawan Uzbekistan dalam penyisihan grup B kejuaraan sepak bola Piala Asian Football Confederation (AFC) U-19 2014 di Youth Training Centre, Yangon, Myanmar, Jumat.

Dua gol Uzbekistan masing-masing diciptakan Khamdamov Dostonbek pada menit 19 dan melalui titik penalti oleh Urinboev Zabikhillo pada menit 24.

Timnas Indonesia langsung melancarkan serangan ke jantung pertahanan Uzbekistan membuka pertandingan perdana grup B sore itu. Tak mau ketinggalan, para pemain belakang tim lawan juga meladeni dengan beberapa kali memotong alur bola.

Gelandang timnas Indonesia Maldini Pali membuka peluang pada menit ke-15 dengan melesat cepat ke lini tengah dan langsung melepaskan tembakan, namun bola masih melebar dari tiang gawang.

Permainan Indonesia masih belum mampu mengimbangi lawan pada awal babak pertama sehingga berujung petaka pada menit ke-19. Penyerang Uzbekistan Khamdamov Dostonbek menyerobot bola yang gagal dikonversikan menjadi gol oleh rekannya Shomurodov Eldor. Kedudukan berubah 1-0 untuk Uzbekistan.

Tertinggal satu gol membuat Garuda Muda semakin tertekan dan cenderung melakukan kesalahan sendiri.

Fatchu Rochman menjatuhkan pemain Uzbekistan di area terlarang sehingga wasit Abdullah Mohamed Al Hilali asal Oman menujuk titik putih.

Urinboev Zabikhillo yang bertindak sebagai eksekutor tidak menyia-yiakan kesempatan itu dan berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 ketika pertandingan baru berlangsung 24 menit.

Permainan Evan Dimas dan kawan kawan mulai membaik pada pengujung babak dengan menciptakan beberapa peluang emas. Sebaliknya, tim lawan semakin keteteran pada 15 menit terakhir babak kedua.

Penyerang Timnas Dinan Javier berupaya memecah kebuntuan gol pada pengujung babak kedua dengan melesakkan tembakan langsung dari tepi masih mampu diantisipasi penjaga gawang.

Meski sudah mampu mengusai pertandingan tapi kedudukan tertinggal dua gol masih bertahan hingga turun minum.



Susunan Pemain

Uzbekistan: 12-Khamraev Dilshod;20-Tursunov Dostonbek, 14-Abdusalimov Firdavs; 8-Sokhibov Javokhir, 15-Davlatov Bobir, 23-Goyosov Khurshid; 5-Hamrobekov Odiljon, 9-Shomurodov Eldor, 10-Shukurov Otabek, 17-Khamdamov Dostonbek, 19-Urinboev Zabikhillo

Pelatih: Khaydarov Akramjon



Indonesia: 22-Rully Desrian; 2-Putu Gede, 13-Sahrul Kurniawan, 16-Hansamu Yama, 5-Fatchu Rochman; 8-Hargianto, Zulfiandi, 6-Evan Dimas; 20-Ilham Udin, 9-Dinan Javier, 15-Maldini Pali

Pelatih: Indra Sjafri.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014