Amsterdam (ANTARA News) - Belanda menundukkan Kazakhstan dengan skor 3-1 dalam laga Kualifikasi Piala Eropa 2016 di Amsterdam Arena, Sabtu dini hari WIB.

Tim besutan Guus Hiddink itu harus susah payah memastikan kemenangan setelah Kazakhstan bermain dengan 10 orang saja usai kartu merah yang diterima Baurzhan Dzolchiev.

Belanda sesungguhnya tertinggal lebih dulu dari Kazakhstan akibat gol cepat dari Renat Abdulin pada menit 17, yang dibalas oleh penyerang pengganti Klaas-Jan Huntelaar pada menit 61, hanya tiga menit sebelum tim tamu dipaksa bermain dengan 10 pemain.

Gol dari Ibrahim Afellay pada menit 82 memberikan keunggulan bagi Belanda, sebelum dipungkaskan oleh Robin van Persie melalui eksekusi penalti pada menit 88 usai ia dilanggar Abdulin di area terlarang.

Gol yang diperoleh Kazakhstan pada menit 17, membuat mereka bermain ultradefensif di sisa waktu babak pertama, hingga Belanda kesulitan mencetak gol penyama kedudukan.

Merasa bangunan serangannya tak juga membuahkan hasil, Hiddink berusaha menyuntikkan tenaga baru dengan mengirimkan Huntelaar untuk menggantikan Nigel de Jong pada menit 56.

Baru beberapa detik berada di lapangan, Huntelaar memiliki kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan kala ia berdiri bebas di hadapan gawang, namun Robin van Persie tak mampu menyingkirkan egonya dan malah menembakkan bola dari sudut sempit yang hanya menghasilkan tendangan gawang bagi Kazakhstan.

Huntelaar betul-betul membuktikan perannya, lima menit setelah menginjak rumput Amsterdam Arena dengan menyambut umpan silang Ibrahim Afellay demi menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 61.

Momentum kebangkitan bagi Belanda semakin terasa setelah Kazakhstan dipaksa bermain dengan 10 orang saja lantaran sayap mereka, Baurzhan Dzolchiev, diusir wasit Matej Jug akibat melanggar Afellay pada menit 64.

Publik Amsterdam Arena sempat terhenyak setelah eksekusi tendangan bebas Arjen Robben pada menit 73 masih berjodoh dengan mistar gawang Kazakhstan, yang membuat Belanda tertunda merebut keunggulan.

Afellay akhirnya memberikan kelegaan bagi Belanda setelah mencetak gol dari luar kotak penalti pada menit 82, saat bola tendangannya sempat menyentuh pemain lawan dan arahnya berubah jauh dari jangkauan penjaga gawang Alexandr Mokin.

Enam menit berselang Van Persie mengkonversikan penalti yang ia dapatkan untuk membawa Belanda unggul 3-1.

Pada menit-menit akhir laga, Belanda sempat kembali menggetarkan jala gawang lawan lewat Huntelaar namun hakim garis menilai ia berada dalam posisi offside, sehingga kedudukan 3-1 bagi tuan rumah tak berubah saat laga usai.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dikutip dari UEFA.com.

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen (PG); Gregory Van der Wiel, Stefan de Vrij, Bruno Martins Indi (Leroy Fer), Daley Blind; Ibrahim Afellay, Nigel de Jong (Klaas-Jan Huntelaar), Wesley Sneijder; Arjen Robben, Robin van Persie, Jeremain Lens

Pelatih: Guus Hiddink

Kazakhstan (5-4-1): Alexandr Mokin (PG); Dmitri Miroshniche, Ilya Vorotnikov, Renat Abdulin, Viktor Dmitrenko (Mark Gorman), Gafurzhan Suyumbayev; Baurzhan Dzolchiev, Andrey Karpovich (Valeri Korobkin), Anatoli Bogdanov, Dmitriy Shomko; Sergei Khizhnichenko (Azat Nurgaliev)

Pelatih: Yuri Krasnozhan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014