Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat Jumat menolak tuduhan-tuduhan yang menyebut mereka punya peran memicu protes-protes massa mahasiswa yang sedang berlangsung di Hong Kong, seperti dikutip kantor berita KUNA.

Puluhan ribu mahasiswa pro-demokrasi turun ke jalan hampir dua pekan yang lalu menuntut pemilihan umum yang bebas pada tahun 2017.

Pekan lalu, situs Wikileaks mengklaim gerakan mahasiswa ccupy Central didukung oleh National Endowment for Democracy (NED), satu proyek yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID).

Wikileaks mengatakan NED juga terkait dengan upaya "perubahan rezim" di Venezuela.

"Kami tegas menolak tuduhan bahwa kita memanipulasi kegiatan setiap orang, kelompok atau partai politik di Hong Kong," kata Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Marie Harf.

"Apa yang terjadi di sana adalah mengenai rakyat Hong Kong, dan pernyataan apapun sebaliknya merupakan upaya untuk mengalihkan perhatian dari masalah yang ada, yang rakyat mengungkapkan keinginan mereka untuk hak pilih universal dalam pemilihan yang menyediakan pilihan, yang berarti calon wakil kemauan pilihan mereka sendiri".

(T.H-AK/C/H-AK/H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014