... banyak cara untuk hemat energi... "
Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi Ehud Edward Kondologit atau yang akrab disapa Edo Kondologit mengaku mudah menerapkan penghematan energi di keluarganya karena dirinya terbiasa hidup susah. Dia pernah menjadi kuli bangunan dan tenaga satuan pengamanan untuk menyambung hidup sebelum terkenal sebagai artis.

"Sadar energi sich sudah dari dulu, tapi dulu lebih ke alasan ekonomi. Dulu saya biasa tidur si tempat yang tidak ada AC ya tidak masalah. Kalau kita hemat pakai energi listrik, air, minyak, khan hemat biaya juga," kata Edo di Festival Sadar Energi Kementerian ESDM, di Jakarta, Sabtu.

Namun kini, pria kelahiran Sorong, 47 tahun yang lalu, itu sadar menghemat energi sangatlah penting untuk melestarikan lingkungan. Sebab itu, Edo saat ini mengajarkan putrinya senantiasa berhemat energi.

"Saat ini banyak cara untuk hemat energi, salah satunya kami bangun rumah dengan teknologi sedemikian rupa sehingga pencahayaan tanpa lampu dan penggunaan AC bisa diminimalisir," katanya.

Lebih lanjut, Edo berharap pemerintah bisa lebih mengkampanyekan gerakan hemat energi.

"Hemat energi harusnya menjadi gerakan Nasional yang digerakkan pemerintah agar masyarakat lebih punya gereget," kata penyanyi yang kini aktif berkampanye melindungi lingkungan tanah kelahirannya itu.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014