... jadi enggak dua kali... "
Bandung (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, menginginkan pembangunan tempat PON ke-XIX 2016 di provinsi itu bisa disinergikan dengan pelaksanaan Asian Games 2018, untuk mengefisienkan waktu persiapan.

"Mengenai venue bisa sinergi untuk PON dengan Asian Games ini dengan standar Asian Games, jadi enggak dua kali," kata dia, di Bandung, Sabtu. Keuntungan sinergitas itu, kata dia,  menuturkan, akan mematagkan PON 2016 di Jawa Barat.

Pembinaan atlet untuk Asian Games 2018, menurut birokrat yang juga aktor itu, dapat dilakukan persiapannya pada PON XIX di Jawa Barat. "Saya pikir mengenai pembinaan atlet (Asean Games) bisa dikaitkan dengan PON XIX," katanya.

Ia berharap, Kementerian Pemuda dan Olahraga secepatnya membuat keputusan penetapan cabang olahraga pada Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jawa Barat.

Tidak kalah penting adalah pendanaan berbasis APBN melalui kementerian itu.

"Jadi PON akan bisa lebih sempurna karena terbantu oleh APBN sehingga di 2018 kita tinggal maintenance," kata dia, yang pernah kondang sebagai pemeran Naga Bonar itu.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014