... masih banyak tempat-tempat yang bagus, di antaranya Teluk Cendrawasih. Di sana kita bisa berenang bersama ikan paus... "
Jakarta (ANTARA News) - Penyanyi asal Sorong, Papua, Edo Kondologit, mengatakan, Raja Ampat bukanlah satu-satunya objek wisata yang menarik di Papua.

"Papua itu bukan hanya Raja Ampat, masih banyak tempat-tempat yang bagus, di antaranya Teluk Cendrawasih. Di sana kita bisa berenang bersama ikan paus," kata Edo dalam Festival Sadar Energi Kementerian ESDM, di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, Edo menceritakan ada lokasi lain yang wajib dikunjungi di Papua yang menawarkan keindahan alam yang masih "perawan".

"Ada Teluk Triton di Kaimana, di sama kita bisa lihat lumba-lumba yang sangat endemik," katanya.

Saking cintanya dengan tanah kelahirannya, Edo saat ini mengaku tergerak menjadi aktifis lingkungan.

Selain sibuk menyanyi, saat ini Edo aktif di lembaga swadaya masyarakat yang menyerukan kelestarian lingkungan terutama di Papua. Karena selain bisa melindungi alam tanah kelahirannya, Edo juga mengaku senang bisa berkeliling menjelajahi Papua.

"Saya sekarang aktif berkampanye menjaga alam Raja Ampat, bagaimana caranya agar nelayan di sana tidak menangkap ikan dengan bahan berbahaya. Di sana banyak nelayan nakal dengan tanda kutip, sangat disayangkan," katanya.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014