Beijing (ANTARA News) - Lionel Messi gagal mengeksekusi sebuah tendangan penalti pada babak pertama ketika Brasil sukses membungkam Argentina 2-0 dalam laga persahabatan "Superclasico" di Beijing hari ini.

Diego Tardelli menjadi pahlawan dengan borongan dua golnya untuk Brasil, ketika Messi gagal memanfaatkan peluang menyamakan kedudukan dari titik penalti pada pertandingan ini.

Tardelli yang adalah striker Atletico Mineiro berusia 29 tahun membawa Brasil unggul 1-0 pada menit 28, sebelum Messi nyaris menyamakan kedudukan lewat penalti halus yang nyaris memperdaya kiper Jefferson beberapa saat sebelum babak pertama usai.

Tardelli lalu menciptakan gol kedua pada babak kedua sehingga Brasil bisa mengembalikan kebanggaan setelah pada Piala Dunia tersingkir di semifinal justru ketika Argentina sukses mencapai final.

Argentina mengguncang pada awal-awal pertandingan ketika Sergio Aguero melepaskan tembakan yang melenceng dari tiang gawang dan Angel Di Maria juga mengancam lewat drive-nya.

Tapi Tardelli  yang justru memecah kebuntuan ketika dia menyambar bola muntah dengan tendangan voli yang lolos dari hadangan kiper Argentina Sergio Romero pada menit 28.

Superstar Brasil nyaris mengubah keadaan menjadi 2-0 namun bola hasil tendangannya malah melebar dari tiang gawang Argentina.

Pertandingan menjadi menghidup dan Argentina mendapatkan satu peluang emas untuk menyamakan kedudukan ketika Danilo dinyatakan melanggar Di Maria di kotak penalti. Para pemain Brasil bangkit marah dan mengepung wasit Tiongkok Fan Qi.

Messi tampaknya akan yakin sukses mengeksekusi tendangan penalti namun pemain terbaik dunia empat kali ini menembak bola terlalu dekat ke jangkauan kiper Brasil Jefferson, yang menepis bola dengan tangan kanannya untuk dibuangnya ke atas.

Ini adalah tendangan penalti gagal kedua dari ikon Barcelona dalam dua pekan terakhir, setelah dia juga gagal melakukannya untuk klubnya bulan lalu saat melawan Levante.

Filipe Luis dan Di Maria bergantian menciptakan peluang, sedangkan dari pihak Brasil tendangan bebas Oscar hampir membuat gol.

Namun kembali Tardelli berada di posisi tepat ketika dia menyambut umpan silang Oscar untuk membuat Brasil unggul 2-0 pada menit 64.

Tardelli akhirnya digantikan oleh  Kaka, demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014