Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat mendukung bila presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan program pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yang dinilai meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional, salah satunya "Bali Democracy Forum" (BDF).

"Tidak ada salahnya bila Pak Jokowi meneruskan Bali Democracy Forum. Karena berdasarkan pengalaman selama ini, kehadiran tokoh berpengaruh di forum itu menunjukkan bahwa iklim demokrasi yang berjalan di Indonesia di era Pak SBY mendapat pengakuan. Partai Demokrat mendukung Pak Jokowi untuk melanjutkan forum itu," ujar politisi Partai Demokrat, Michael Wattimena, di Jakarta, Minggu.

Bali Democracy Forum digelar sejak 2008 yang diinisiasi dan dibanggakan Presiden Yudhoyono.

Menurut dia, Presiden Yudhoyono mengkreasikan Bali Democracy Forum sekaligus mengampanyekan proses demokratisasi di Indonesia berjalan dengan baik.

Forum itu untuk bertukar pikiran dan pengalaman, termasuk tentunya memaparkan penerapan demokrasi di Indonesia yang bisa ditiru di negara lain.

"Pak Jokowi, sebagaimana juga Pak SBY, merupakan buah dari proses demokrasi yang berjalan dengan baik di Indonesia. Jadi, kami mengharapkan agar ada kesinambungan program, maka sejumlah program yang dinilai baik selayaknya diteruskan. Termasuk melanjutkan penyelenggaraan Bali Democracy Forum itu," kata anggota DPR-RI dari daerah pemilihan Papua Barat itu.

Michael tidak menampik bahwa pasca ditetapkannya UU Pemilihan kepala daerah oleh DPRD yang tercantum dalam UU No 22/2014 menimbulkan perdebatan terkait dukungan SBY terhadap pengembangan demokrasi di Indonesia.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014