Semua tidak menyangka, saya dan Fahriansyah bisa bermain bagus dan mengalahkan tim kuat
Jakarta (ANTARA News) - Atlet voli pantai nasional Dian Putra Santosa (21) berharap tidak mengulang kejadian di Asian Games Incheon ketika ia turun di Asian Beach Games pada pertengahan November 2014.

"Saya berharap tidak bertemu lagi dengan tim senior (pasangan Koko Prasetyo-Ade Chandra) pada babak awal supaya bisa sama-sama membuka peluang. Semoga saja, ketemunya di final," kata Dian yang dihubungi dari Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan, harapan itu terlontarkan karena kemungkinan untuk bertemu di babak awal sangat terbuka mengingat Indonesia tidak aktif mengikuti sejumlah kejuaraan resmi Konfederasi Bola Voli Asia (AVC).

"Jika aktif maka akan banyak poin, sehingga pada babak kualifikasi sudah berada di atas. Tapi, karena uji coba kurang membuat berada di posisi tengah, sehingga ada kemungkinan ketemu di babak awal," ujar atlet asal Sidoarjo, Jawa Timur ini.

Meski sering bertemu dengan tim senior pada beberapa kejuaraan baik di babak awal atau final, namun Dian tidak membantah kejadian di Asian Games Incheon, 19 September-4 Oktober 2014, cukup membuatnya kesal.

Menurutnya, ajang Asian Games ini sangat bergengsi sehingga setiap atlet menginginkan hasil terbaik. Apalagi, pada babak 16 besar, Dian-Fahriansyah mampu membantai tim unggulan asal Qatar.

"Semua tidak menyangka, saya dan Fahriansyah bisa bermain bagus dan mengalahkan tim kuat. Tapi kesenangan harus terhenti karena di babak delapan besar harus bertemu senior," ujar dia.

Meski mengalami situasi tidak mengenakkan, tapi Dian mengambil sisi positif karena turut memuluskan langkah tim unggulan Indonesia ke semifinal.

"Setidaknya, sudah memastikan ada wakil Indonesia di semifinal," kata dia.

Dian Putra merupakan atlet yang sudah mendapatkan kepercayaan memperkuat tim nasional sejak berusia 18 tahun.

Ia meraih medali perak pada SEA Games 2011 berpasangan dengan Ade Chandra. Pada saat itu, Dian-Chandra bertemu pasangan senior Koko Prasetyo-Andy Ardiansyah di final.

Selain Dian yang tercatat sebagai atlet muda, PB Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia juga mengandalkan Fahriansyah, dan Ade Chandra yang berpasangan dengan atlet senior Koko Prasetyo.

PB PBVSI menargetkan medali emas pada ABG 2014 atau menyamai capaian pada dua tahun lalu di Tiongkok atas nama Koko Prasetyo-Ade Chandra.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014