Saya imbau seluruh warga agar tidak melakukan pembakaran sedikitpun di hutan atau di areal lahan yang mudah terbakar apalagi dekat pemukiman penduduk...
Sungailiat (ANTARA News) - Lahan seluas kurang lebih satu hektare di Lingkungan Merapen, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ludes terbakar api akibat dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Menurut Koordinator lapangan Pemadam Kebakaran Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Bangka, Akhirul, di Sungailiat, Senin, lahan seluas satu hektare tersebut berada di lingkungan pemukiman pada penduduk, di mana kondisi lahan kosong itu tumbuh semak belukar atau tumbuhan yang mudah terbakar.

"Kami dibantu oleh warga lingkungan setempat berhasil memadamkan api yang berkobar besar selama lebih kurang tiga jam," katanya.

Meskipun api berhasil dipadamkan kata dia, pihaknya terus berusaha mengantisipasi agar api benar-benar tidak berbahaya lagi membakar tempat lain mengingat masih terdapat sisa-sisa api.

"Saya imbau seluruh warga agar tidak melakukan pembakaran sedikitpun di hutan atau di areal lahan yang mudah terbakar apalagi dekat pemukiman penduduk karena rentan api akan menjalar lebih luas," katanya.

Ia mengatakan, dari data yang ada pihaknya mencatat telah terjadi kebakaran hutan dan kebakaran lainnya sebanyak 25 kali.

Sementara menurut salah satu warga Lingkungan Merapen, Dian mengatakan api yang menghanguskan satu hektar lahan kosong dan hanya ditumbuhi tumbuhan rawan kebakaran terjadi pada Minggu (12/10) sore.

"Untuk mengantisipasi agar api tidak menjalar ke pemukiman penduduk, kami langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman secepatnya," ujarnya.

Dia mengatakan, dirinya dan warga lainnya tidak mengetahui pelaku yang sengaja membakar lahan kosong itu, dia juga berharap agar pihak berwenang melakukan pencarian pelaku yang membakar lahan karena telah merugikan dan membahayakan orang lain. (*)

Pewarta: Kasmono
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014