Jamaah haji diharapkan kembali dengan selamat dan sukses menjadi haji dan hajjah yang mabrur."
Balikpapan (ANTARA News) - Kedatangan para jamaah haji Embarkasi Balikpapan, khususnya jamaah asal Kalimantan Timur diharapkan dapat meningkatkan kualitas hubungan manusia dengan Allah dan hubungan antarmanusia, kata Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP.

"Jamaah haji diharapkan kembali dengan selamat dan sukses menjadi haji dan hajjah yang mabrur," katanya di Balikpapan, Senin (13/10), saat menyambut kedatangan jamaah haji kloter pertama.

Dia mengatakan, pengalaman berhaji tentu dirasakan setiap jamaah. Ada suka dan duka yang mungkin berbeda dialami setiap jamaah. Banyak berita gembira, tetapi tidak jarang pula datang berita duka. Kadang terjadi pada orang lain, namun kadang pula menimpa diri jamaah sendiri, katanya.

"Karena itu, saya berharap setelah mendapatkan predikat haji dan hajjah, seluruh jamaah dapat meningkatkan kualitas hablumminallah dan hablumminannas sehingga pelaksanaan haji dapat dilanjutkan dalam kehidupan sehari-hari," kata Mukmin.

Menurut dia, perjalanan haji adalah pengalaman spiritual, pengalaman ziarah yang cukup berarti dalam menuju kesempurnaan hidup duniawi, baik sebagai pribadi, masyarakat maupun sebagai insan pembangunan yang religius.

Diharapkan sekembalinya ke kampung halaman nanti, maka suasana hidup berkeluarga dan bermasyarakat semakin hangat, sejahtera lahir dan batin serta selalu dalam lindungan Allah SWT, katanya.

Mukmin berpesan seluruh jamaah untuk menjaga dan memelihara secara terus-menerus kemabruran dan kemaqbulan haji, dengan cara menjaga diri dan menjauhi segala perbuatan yang dilarang Allah SWT.

"Karena itu, tingkatkan kualitas hablumminallah seperti ibadah shalat, zakat dan ibadah lainnya, dengan juga meningkatkan hablumminannas, seperti ibadah sosial kemasyarakatan dan saling tolong menolong. Lestarikan persaudaraan dan silaturrahim antarsesama jamaah haji dengan cara bergabung dalam suatu wadah organisasi Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia di daerah masing-masing dan menjadi haji yang mabrur," kata Wagub.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim, Saifi mengatakan, tahun ini jamaah haji melalui Embarkasi Balikpapan berjumlah 4.280 orang, terdiri dari Kaltim dan Kaltara sebanyak 2.252 orang, Sulawesi Tengah 1.407 orang dan Sulawesi Utara sebanyak 561 orang.

"Dari Embarkasi Balikpapan jamaah haji kita terdiri dari 12 kloter. Untuk kloter pertama ini sebanyak 360 orang yang terdiri 355 jamaah dan 5 petugas haji yang semuanya berasal dari Balikpapan," jelasnya.

Jadual kedatangan jamaah haji Embarkasi Balikpapan tahun ini dimulai dari 13 Oktober 2014 dan berakhir pada 30 Oktober 2014. Untuk diketahui dari Embarkasi Balikpapan jamaah haji yang meninggal dunia sebanyak 2 orang berasal dari Sulawesi Tengah.

Dia berharap hingga kloter terakhir, seluruh jamaah haji Embarkasi Balikpapan diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

"Mudah-mudahaan jamaah haji kita, khususnya Kaltim selalu diberikan kesehatan dan kembali dengan selamat bertemu keluarga mereka masing-masing," kata Saifi.  (S035/S023)

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014