Padang (ANTARA News) - Mitsubishi menguasai 25 persen pasar di Sumatera Barat sebanyak 400 unit dari total 1.600 unit kendaraan komersil dan kendaraan penumpang.

Mitsubishi mengekor Toyota yang masih menjadi penguasa pasar di wilayah tersebut.

"Total pasar di Sumatera Barat itu sekitar 1.600 unit. Mitsubishi memegang sebanyak 400 unit atau 25 persen," kata Manajer Bisnis PT. Andalas Berlian Motor, Surya Kokanda yang memiliki sembilan dealer di Sumatera Barat itu, Senin (14/10) malam.

Menurut Surya, kendaraan Mitsubishi yang paling diminati di Sumatera Barat justru kendaraan komersil ringan seperti L300, T120SS, dan Strada Triton single cabin. Kendaraan komersil ringan mencapai 60 persen dari total penggunaan Mitsubishi di Sumatera Barat, diikuti 25 persen kendaraan komersil seperti Fuso dan Colt Diesel, 15 persen kendaraan penumpang dan Strada Triton double cabin.

Menurut Surya, Mitsubishi masih mengandalkan kendaraan komersial. Selain PT. Andalas Berlian Motor, dealer lainnya di Sumatera Barat yaitu PT. Suka Fajar.

"Di sini yang paling banyak komersil," ujar Surya.

Untuk kendaraan penumpang, lanjut Surya, Mirage dan Pajero Sport masih menjadi yang paling diminati.

Kehadiran medium MPV Mitsubishi Delica diharapkan mampu bersaing sebagai kendaraan penumpang yang berkemampuan SUV.

"Kami optimistis Delica diterima masyarakat di Sumatera Barat karena penampilan dan teknologi bagus," kata Surya.

Namun, Surya belum mau menyebut target penjualan Delica di Sumatera Barat.

"Kami masih menunggu launching-nya dulu," tambahnya.

Pada Rabu (15/10), Mitsubishi Delica akan diluncurkan secara resmi di Pekanbaru, Riau sebagai rangkaian media test drive Delica dengan Rute Padang-Bukittinggi-Pekanbaru. Konvoi ini diikuti oleh pereli nasional Rifat Sungkar, yang juga brand ambassador dari Mitsubishi Motors.

Sejak Senin, test drive dilakukan dengan menjelajahi sejumlah lokasi di Sumatera Barat dengan rute Padang, Solok, Danau Singkarak, Tanah Datar, Padang Panjang, Pandai Sikek, Puncak Lawang.

Saat ini, tim test drive melanjutkan rute dari Bukittinggi ke Pekan Baru melewati Batu Sangkar, Payakumbuah, kelok sembilan hingga Pekan Baru.

Rute yang diambil memiliki beragam jenis medan yang harus ditempuh, mulai dari jalan pegunungan menanjak dan menurun, jalan perkotaan hingga semi-off road pinggir kota, sehingga dapat menguji langsung keunggulan yang diusung Mitsubishi Delica yang tidak hanya nyaman digunakan di perkotaan namun bisa diandalkan di jalan-jalan semi offroad dengan ground clearance yang ditawarkan.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014