...dari 27.570 kasus jadi 23.134 kasus
Jakarta (ANTARA News)- Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Sujarno mengungkapkan angka kriminalitas di Jakarta pada triwulan I mengalami penurunan sebesar 16 persen berdasarkan hasil analisa situasi Kamtibmas di ibu kota.

"Pada triwulan I angka kriminalitas turun dari 27.570 kasus menjadi 23.134 kasus, namun disisi lain penyelesaian kasus turun 20 persen dari 20.562 menjadi 16.525," kata dia di Jakarta, Selasa, pada acara cara revitalisasi Kring Reserse jajaran Polda Metro Jaya sebagai wujud penanganan responsif terhadap indikasi kriminalitas.

Menurut dia, turunnya angka penyelesaian kasus kriminalitas kemungkinan bagian dari kelemahan Reserse sehingga perlu dilakukan revitalisasi.

Idealnya ketika angka kriminilitas turun, pengungkapan kasus harus naik, kalau turun berarti ada kelemahan pada Reserse, kata dia.

Ia mengatakan, turunnya pengungkapan kasus bisa saja disebabkan faktor sumber daya manusia, sarana, dan prasarana yang ada sehingga harus dibenahi.

Ke depan personel Reserse di wilayah harus menyusun data induk pelaku kejahatan dan merespon dengan cepat tindak kejahatan yang terjadi, kata dia.

Polda Metro Jaya melakukan revitalisasi jajaran reserse yang ada di daerah vital rawan kriminal agar lebih sigap memberantas kasus-kasus kejahatan yang belum kunjung selesai.

"Jakarta harus menjadi surga bagi masyarakat dan neraka bagi setiap pelaku kejahatan dengan menindak tegas setiap aksi kriminalitas," kata dia.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014