Johannesburg (ANTARA News) - Aljazair, Kamerun dan Afrika Selatan akan lolos ke Piala Afrika 2015 jika memenangi pertandingan kualifikasi mereka esok Rabu.

Ketiganya beruntung tampil di kandang di mana Aljazair menghadapi Malawi di Blida, Kameran ditantang Sierra Leone di Yaounde dan Afrika Selatan bertemu dengan Kongo Brazzaville di Polokwane.

Pantai Gading, Gabon dan Tunisia atau Senegal juga bisa meraih tempat jika menang.

Pantai Gading akan menjamu Republik Demokrasi Kongo di Abidjan, Gabon menjalani laga tandang melawan Burkina Faso di Ouagadougou, sedangkan Tunisia dan Senegal berhadapan di Monastir.

Juara bertahan Nigeria, pemegang rekor juara terbanyak tujuh kali Mesir dan juara 2012 Zambia mesti memenangi laga kandang untuk menghidupkan harapan mereka untuk lolos.

Nigeria bertemu dengan Sudan di Abuja untuk membalas kekalahan tiga hari sebelumnya di Khartoum, sedangkan Mesir melawan Botswana di Kairo dan Zambia melawan Niger di Ndola.

Maroko yang menjadi tuan rumah Piala Afrika 2015 yang akan berlangsung dari 17 Januari sampai dengan 8 Februari pekan lalu meminta turnamen ini ditunda karena virus Ebola.

Namun Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) menyatakan jalan terus, demikian AFP.



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014