Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah fraksi di DPR RI periode 2014-2019 seperti PPP, PKS, dan Gerindra mengincar kursi ketua Komisi I yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, serta kominfo.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PPP, Syaifullah Tamliha, di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Jakarta, Selasa, mengemukakan bahwa PPP mengincar kursi ketua Komisi I DPR RI atau dua komisi lainnya yakni Komisi V dan Komisi X.

"Kami berharap dapat memimpin di antara tiga komisi itu," kata Tamliha.

Kursi ketua Komisi I juga menjadi incaran beberapa fraksi lainnya.

Ketua Fraksi PKS DPR RI Abu Bakar Alhabsy mengatakan PKS mengincar kursi ketua Komisi I dan Komisi VIII DPR RI.

Bahkan, PKS sudah menyebut nama kadernya untuk menduduki jabatan itu, yakni Mahfudz Sidik yang akan ditempatkan di Komisi I dan Ledia Hanifa di Komisi VIII.

Di sisi lain, PKS juga mengincar beberapa kursi wakil ketua komisi, antara lain kursi wakil ketua Komisi III.

Sementara Fraksi Gerindra DPR RI juga mengincar kursi ketua Komisi I dan Komisi IV.

Ketua Fraksi Gerindra DPR RI, Edi Prabowo, mengatakan jika kader

Partai Gerindra bisa menjadi ketua Komisi I dan Komisi IV DPR RI, hal itu sejalan dengan garis perjuangan partai.

Menuut Edi Prabowo, Komisi I membidangi luar negeri, pertahanan, intelijen, dan kominfo yang sesuai dengan platform Partai Gerindra.

"Salah satu fungsi DPR RI melalui komisi-komisi adalah melakukan pengawasan terhadap pemerintah melalui kementerian dan lembaga. Bidang ini menjadi salah satu konsentrasi Partai Gerindra," katanya.

Edi menegaskan, Partai Gerindra sudah menyiapkan sejumlah kader untuk ditempatkan di posisi itu, di antara 72 anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra.

Satu lagi kader Partai Gerindra yakni Fadli Zon sudah menduduki kursi wakil ketua DPR RI sehingga tidak akan diplot ke posisi ketua komisi.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014