Padang (ANTARA News) - Evakuasi lima pendaki Gunung Tandikek, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, yang sudah ditemukan pada pukul 08.22 WIB sampai saat ini belum bisa dilakukan karena cuaca buruk.

"Sampai pukul 17.00 WIB ini tim evakuasi belum bisa melakukan evakuasi kelima pendaki untuk turun dari gunung karena hujan lebat dan berkabut," kata Mansurman, salah satu anggota dari tim BPBD Kabupaten Padangpariman ketika dihubungi, Selasa.

Ia juga mengatakan, kondisi kelima pendaki tersebut ditemukan dalam keadaan lemas dan dua orang cedera.

Namun demikian, dia mengatakan, tim yang telah menemukan pendaki tersebut sudah memberikan makanan dan obat-obatan.

"Saat ini kondisi mereka sudah mulai membaik karena makanan dan obat-obatan telah diberikan," katanya.

Jika hujan sudah mulai reda, katanya, tim gabungan akan segera untuk mengevakuasi mereka turun dari gunung dan selanjutnya akan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan kesehatan.

"Mudah-mudahan pada malam hari nanti sudah sampai di kaki gunung," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa orang tua dari pendaki tersebut sudah bersama-sama dengan tim evakuasi di tempat tersebut.

Kelima pendaki yang hilang di Gunung Tandikat berhasil ditemukan Tim SAR yakni Daniel Febriansyah, Iken, Budi, Boy serta Riswandi. Kelima pendaki Gunung Tandikat yang hilang tersebut merupakan mahasiswa STMIK Padang.

Informasi yang diterima Basarnas Padang kelima mahasiswa STMIK melakukan pendakian dari kaki Gunung Singgalang, menuju Gunung Tandikat pada Sabtu (11/10) pagi hari.

(KR-AGP/S023)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014