Jakarta (ANTARA News) - Menjadi atlet sangat mungkin membuat seseorang menjadi kaya raya. Siapakah atlet dengan bayaran yang paling fantastis?

1. Floyd Mayweather

Laporan Forbes tahun 2014 menyebutkan adalah Floyd Mayweather (37), atlet berpenghasilan 105 juta dolar (sekitar Rp1,27 triliun) yang menyabet rangking teratas.

Petinju ini adalah atlet kedua setelah pegolf Tiger Woods, yang mengantongi lebih dari 100 juta dolar dalam setahun. Uniknya, 105 juta dolar yang diperoleh Floyd adalah dari dua laga saja yaitu versus Canelo Alvarez dan Marcos Maidana.

2. Cristiano Ronaldo

Punggawa Real Madrid satu ini mengantongi 80 juta dolar (Rp968 miliar) dalam setahun. Sebagai pemain sepak bola yang cemerlang, Cristiano (29) mendapat 52 juta dolar berupa gaji dan 28 juta dolar dari iklan.

Pendapatan dari iklan pria Portugal berjulukan CR7 ini didukung oleh parasnya yang ganteng, sehingga beraneka produsen seperti Tag Heuer dan produk pakaian dalam menambah panjang kontrak iklan yang ia bintangi.

3. LeBron James

Bermain sebagai "rajanya" NBA, pebasket LeBron dalam setahun bisa mendulang 72,3 juta dolar dalam setahun (Rp874,3 miliar).

Pendapatan terbesar LeBron (29) adalah iklan (53 juta dolar atau Rp641,3 juta dolar), sementara gajinya "hanya" 19,3 juta dolar (Rp233,5 miliar) per tahun. LeBron adalah bintang iklan dari sederet produk mulai dari Nike, McDonald's, hingga Coca-Cola. Kaosnya merupakan yang paling laris di antara pemain NBA lainnya.

4. Lionel Messi

Pesepakbola asal Argentina ini meraih penghargaan Ballon d'Or empat tahun berturut-turut. Dan berkat pencapaiannya ini, Barcelona telah "mengikat" kontrak 11 tahun dengan gaji yang fantastis.

Dalam setahun, Messi (27) meraup 23 juta dolar dari sponsor seperti Adidas dan Turkish Airlines. Sementara gajinya mencapai 41,7 juta dolar per tahun.

5. Kobe Bryant


Pebasket berusia 36 tahun ini adalah pemain dengan gaji tertinggi di NBA selama empat tahun terakhir, yaitu sekitar 30,5 juta dolar (369 miliar). Gajinya itu hampir 8 juta lebih besar dari pemain lain di NBA.

Deretan sponsor iklannya meliputi Lenovo, Hublot, Nike, dan Panini menyumbang pendapatan 31 juta dolar setahun.

Uniknya, Kobe mempunyai perusahaan bernama Kobe Inc. dan debutnya adalah berinvestasi di perusahaan minuman olahraga BodyArmour.

6. Tiger Woods

Pegolf asal Amerika Serikat satu ini adalah atlet dengan pendapatan sangat timpang antara hadiah kompetisi dan iklan. Woods tercatat hanya mendapatkan 6,2 juta dolar (Rp75 miliar) setahun dari hasil ia menang bermain golf. Sementara penghasilan dari iklan adalah 55 juta dolar (Rp665,5 miliar).

Iklan bersama Nike membuat Woods (38) tetap menjadi salah satu atlet dengan pendapatan terbesar di dunia.

(E012)

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014