Makassar (ANTARA News) - Pebalap asal Sulawesi Selatan, Muhammad Fadly, siap memperkuat tim Indonesia dalam kejuaraan balap motor internasional "Asian National Cup" Seri III di Thailand 18 November 2014.

Muhammad Fadly di Makassar, Selasa, mengaku dirinya siap tampil pada ajang tersebut karena waktunya tidak bertepatan dengan Motoprix Regional 2. Dirinya berharap bisa kembali meraih prestasi dan mendapat poin maksimal pada seri ketiga tersebut.

"PB IMI sudah meminta saja untuk bersiap tampil di Thailand. Mudah-mudahan bisa kembali naik podium seperti pelaksanaan pertama di Jepang," jelasnya.

Pebalap berusia 14 tahun ini menyatakan akan kembali ke Yogyakarta untuk berlatih bersama timnya, Rabu. Waktu yang masih cukup panjang ini akan dimaksimalkan demi meraih prestasi terbaik di Thailand.

"Tim kami rencananya akan bertolak ke Thailand pada 16 atau 17 November 2014. Saya juga meminta dukungan dan doa masyarakat agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaik saat balapan nanti," katanya.

Pada pelaksanaan seri kedua di Taiwan, awal Oktober 2014, dirinya terpaksa tidak tampil karena memilih memperkuat timnya di ajang Motoprix Regional 2 di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

Absennya pada pelaksanaan seri kedua di Taiwan tentu akan mempengaruhi posisinya dalam klasemen. Namun demikian, dirinya juga tidak bisa meninggalkan ajang Motoprix karena tinggal menyisakan tiga seri kedepan.

Pada seri pertama Asian National Cup di Sirkuit Motegi Jepang, pebalap kelahiran Makassar ini sukses menempati podium ketiga. Muhammad Fadly hanya kalah bersaing dengan pebalap asal Filipina dan Jepang yang menenmpati posisi pertama dan kedua.

Pada ajang yang diikuti 7 negara tersebut, Indonesia diwakili dua pebalap yakni dirinya dan Gery Lofen asal Jatim. Ia tetap berharap bisa tampil pada seri ketiga yang hingga kini belum ditetapkan lokasi pelaksanaannya tersebut.

Untuk balapan di Thailand rencananya menggunakan motor bebek. Sekarang di Taiwan menggunakan jenis matik, sedangkan di Jepang tetap menggunakan motor sport yang lebih besar.

"Untuk jenis motor yang digunakan memang tergantung dengan kebijakan penyelenggara dan tuan rumah," katanya.

Kepala Bidang Roda Dua IMI Sulsel Multazam, berharap atlet andalannya tersebut bisa kembali menunjukkan kemampuannya terbaiknya sekaligus meraih prestasi maksimal.

"Fadly masih berusia muda namun sudah tampil diajang nasional dan internasional. Kita tentu bersyukur ada pembalap kita yang bisa memperkuat Indonesia di ajang internasional," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014