Jakarta (ANTARA News) - Dua pasangan ganda campuran Indonesia Riky Widianto-Richi Puspita Dili dan Praveen Jordan-Debby Susanto lolos dalam babak penyisihan kejuaraan Denmark Open Super Series Premier 2014 di Kota Odense, Denmark, Selasa (14/10) waktu setempat.

Riky-Richi berhasil mengalahkan pasangan Jerman Michael Fuchs-Brigit Michels dengan skor 21-11, 21-13.

Pasangan Jerman itu sempat tampak frustasi saat Fuchs berteriak kencang setelah Riky memukul bola tanggung dalam pengembaliannya.

Fuchs dijatuhkan kartu kuning saat kedudukan 5-2 untuk Indonesia akibat teriakan itu.

"Kami fokus terus, tidak ingin konsentrasi terganggu kena kartu kuning lawan. Tapi, kami memanfaatkan situasi ini dan terus menekan mereka hingga akhirnya menang," kata Riky usai pertandingan di Odense Sports Park seperti dilansir Tim Humas dan Media Sosial Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Richi mengatakan kemenangannya bersama Riky di Dutch Open Grand Prix pekan sebelumnya mempengaruhi penampilan mereka di Denmark berupa kepercayaan diri akan kemampuan mereka.

Riky-Richi akan menghadapi ganda campuran Tiongkok Liu Yuchen-Yu Luo pada babak kedua yang akan berlangsung pada Kamis (16/10) waktu setempat.

Sementara, pasangan Praveen-Debby juga melewati babak pertama pada Selasa waktu setempat setelah menumbangkan pasangan Hong Kong Lee Chun Hei-Chau Ho Wah dengan skor 21-16, 20-22, dan 24-22.

"Di game kedua, lawan mempercepat tempo permainan, sementara pergerakan kaki saya masih lambat. Pada pertemuan terakhir di Asian Games 2014, kami menang dua game langsung, tapi kali ini kami telat meladeni permainan cepat mereka, jadi banyak tertekan," kata Praveen.

Di babak kedua, Praveen/Debby akan ditantang unggulan pertama asal Tiongkok, Zhang Nan-Zhao Yunlei.

Ganda campuran Indonesia asal klub Djarum Muhammad Rijal-Vita Marissa harus menyerah dengan pasangan tuan rumah Mads Pieler Kolding-Kamilla Rytter Juhl di babak pertama, Selasa (14/10) waktu setempat, dengan skor 17-21, 21-17, dan 20-22.

Di sisi lain, pasangan unggulan keempat asal Indonesia Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir, atau yang akrab disapa Owi-Butet, dan Markis Kido-Pia Zebaidah Bernadet akan bertanding pada Rabu waktu setempat.

Owi-Butet akan meladeni pasangan Niclas Nohr-Sara Thygesen dari Denmark, sedangkan Kido-Pia akan menantang pasangan Keigo Sonoda-Shizuka Matsuo dari Jepang.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014