Jakarta (ANTARA News) - Google mengatakan akan memperluas layanan pengiriman belanja pada hari yang sama ketika barang dibeli ke tiga kota di AS dan akan mulai membuka pendaftaran pelanggan untuk layanan yang bersaing dengan Amazon.com tersebut.

Layanan Google Express, yang sebelumnya hanya tersedia di beberapa daerah di California dan New York City, akan diperluas ke Boston, Chicago, dan Washington DC, kata Google dalam sebuah blog, seperti ditulis Reuters.

Keanggotaan untuk layanan yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Shopping Express ini akan dikenakan biaya 95 dolar per tahun atau 10 dolar per bulan.

Sedangkan layanan pengiriman belanja pada hari yang sama yang dikenal dengan nama Prime milik situs retail online Amazon dike nakan biaya keanggotaan 99 dolar per tahun, setelah bebas satu tahun percobaan.

Ketua Eksekutif Google, Eric Schmidt, dalam pidatonya di Berlin menyebut Amazon "kompetitor terberat", Financial Times dan media lain melaporkan.

"Banyak orang berpikir kompetitor utama kami adalah Bing atau Yahoo. Tapi, kompetitor terbesar kami adalah Amazon," kata Schmidt, seperti dikutip FT.

Schmidt mengatakan pengguna internet cenderung langsung ke pengecer untuk berbelanja.

Saham Google sendiri naik sekitar 1,7 persen di 553,93 dolar pada siang hari kemarin, demikian Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014