Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa memberikan pembekalan kepada seluruh anggota Fraksi PAN agar fungsi legislator yang dijalankan kadernya berjalan baik di parlemen.

"Pertemuan tadi pembekalan kepada anggota Fraksi PAN terkait fungsi-fungsi dewan dan agenda ke depan," kata Hatta, saat ditemui di Fraksi PAN, Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Hatta mengatakan dirinya memberikan penekanan pada kadernya terkait fungsi legislatif yaitu menjalankan mekanisme check and balances, yang meliputi meliputi mengontrol jalannya pemerintahan, anggaran, dan legislasi.

"Saya menekankan fungsi check and balances berjalan dengan baik," ujarnya.

Menurut Hatta, ia tidak memberikan instruksi khusus bagi kadernya. Sementara, untuk pimpinan komisi, Hatta menyerahkan itu kepada pimpinan fraksi PAN untuk menentukan secara mandiri.

"Kami memberikan keleluasaan kepada Fraksi PAN untuk menentukan pimpinan komisi," ujarnya.

PAN, ujarnya, mengikuti aturan Undang-Undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) dalam menentukan pimpinan komisi.

Selain itu menurut Hatta, dalam pembekalan tersebut PAN menyerahkan kepada kader untuk mengisi masing-masing komisi sesuai dengan minat.

"Saya serahkan kawan-kawan untuk memilih minatnya di masing-masing komisi, namun tentu harus memiliki kompetensi, passion serta keseriusan," katanya menekankan.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014