... ini tidak main-main dan tulus diberikan... "
Jakarta (ANTARA News) - Mantan pembalap nasional, Tinton Soeprapto, menerima penghargaan Adhi Manggala Krida, sebagai anugerah tertinggi bagi tokoh olahraga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, Rabu.

Penghargaan itu diserahkan secara simbolis Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, di Ruang Pusat Media Kementerian Pemuda dan Olahraga, dengan turut disaksikan putra bungsu Tinton, Moreno Soeprapto.

"Kami memberikan penghargaan ini kepada Tinton karena telah bekerja sama dengan baik dengan pemerintah meski dirinya merupakan pihak swasta," ujar Suryo.

Ia mengemukakan, ayah dari pembalap nasional, Ananda Mikola dan Moreno Soeprapto, ini secara konsisten mengembangkan olahraga otomotif meskipun pemerintah telah silih berganti.

Tinton juga dikenal sebagai sosok yang tidak kenal lelah membawa satu-satunya sirkuit internasional Indonesia, Sirkuit Sentul ke ranah internasional.

"Penghargaan ini tidak main-main dan tulus diberikan. Karena khawatir bakal terlupakan, saya 'bela-belain' untuk memberikannya meski jabatan tinggal menghitung hari," kata dia.

Suryo harapkan Tinton dapat terus bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan olahraga otomotif serta meningkatkan kelas dari Sirkuit Sentul.

Sementara, bagi Tinton, penghargaan ini demikian berkesan meski sebelumnya telah mendapatkan anugerah serupa dari presiden Indonesia pada 1984.

"Saya berjanji akan mengawal penghargaan ini. Penghargaan ini dirasakan sangat pas sekali waktunya karena pada 21 Oktober nanti di Sirkuit Sentul akan kedatangan Juara dunia MotoGP Marc Marquez," kata pria kelahiran Blitar, 21 Mei 1945 ini.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014