Jakarta (ANTARA News) - Kader Partai Demokrat meminta agar presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Jusuf Kalla, melanjutkan program-program pro rakyat yang telah dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Harapan itu disampaikan oleh Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron dan Verna Gladis Merry Ingkriwang.

Menurut Herman, banyak program yang telah dihasilkan SBY dan program itu sangat dirasakan oleh masyarakat, seperti Raskin, Bantuan Oprasional Sekolah (BOS), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kesemua program itu dikemas dalam 4 klaster program pengentasan kemiskinan. Selama 10 tahun memimpin bangsa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah berfikir dan bekerja keras untuk membangun negeri dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, termasuk di dalamnya program pro rakyat.

"Sebagai Presiden, Pak SBY membuktikan kerja nyatanya untuk bangsa ini. Siang dan malam Pak SBY selalu berfikir dan bekerja untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. Bahkan dalam meningkatkan upaya penanggulan kemiskinan Pak SBY mengeluarkan Perpres No. 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Tujuan dikeluarkannya Pepres tersebut untuk mewujudkan visi dan misi Presiden SBY dalam menurunkan angka kemiskinan," kata Herman Khaeron di Jakarta, Rabu.

Fakta menunjukan, melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan (MP3KI) telah menempatkan program pengurangan kemiskinan dan pengangguran sebagai prioritas utama dan berkurangnya kemiskinan dari 16,7% pada tahun 2004 menjad 11,25% pada maret 2014.

"Dan berdasarkan Worldfactbook, BPS, dan World Bank bahwa penurunan jumlah penduduk miskin di Indonesia termasuk yang tercepat d dunia di banding negara lainnya semisal Kamboja, Thailand, Cina, dan Brasil yg berkisar 0,1% per tahun, dan bahkan india terjadi penambahan penduduk miskin," kata anggota DPR RI itu.

Politisi asal Cirebon kembali menegaskan bahwa program SBY bukan jargon atau opini pencitraan, dan juga bukan semata-mata sebagai program sesaat. Itu merupakan sebuah pondasi untuk menuju kesejahteraan rakyat dan kebaikan bangsa yang ril dan nyata.

"Untuk itu pemerintahan yang mendatang yang dipimpin Jokowi agar melanjutkan program-program pro rakyat era presiden SBY, tentunya dengan berbagai perbaikan dan penyempurnaan sehingga bisa dikombinasikan dengan program pemerintahan Jokowi, semisal Bantuan Siswa Miskin (BSN) dan BOS dapat disesuaikan dengan program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Penyesuain itu meliputi jumlah alokasi anggaran dan sasaran program," harap mantan Wakil Ketua Komisi IV ini.

Harapan lain, kata Herman, di era pemerintahan Jokowi nanti khususnya di bidang kesejahteraan rakyat dapat mengadopsi program-program era presiden SBY. "Karena secara prinsip apa yang telah dilaksanakan oleh pemerintahan pak SBY semuanya untuk kepentingan rakyat. Contoh bidang pertanian lahirnya UU Perlindungan Petani, adalah demi memperjuangkan kepentingan para petani," ujar Herman

Herman juga memberikan apresiasi terhadap Presiden SBY atas capaian dalam porgram pro rakyat dan tetunya capaian dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pak SBY Dalam dua priode memimpin bangsa telah memberikan yang terbaik untuk rakyat.

"Perlu dicatat, ini adalah bagian dari sejarah keberhasilan dua priode pak SBY memimpin bangsa dan berhasil. Patut kita berikan apresiasi dan acungkan jempol bagi sepuluh tahun presiden SBY berkarya untuk Indonesa,"kata Herman singkat.

Sementara politisi asal Manado, Verna Gladies Merry Ingkiriwang, meminta agar pemerintahan Jokowi harus benar-benar memperhatikan kepentingan rakyat, seperti halnya yang dilakukan di pemeratahan era SBY yang belum lama ini akan segera berakhir.

"Kalau boleh jujur kita harapkan pemerintahan yang baru dapat meneruskan program yang terbaik di era SBY. " Program pemerintahan Era SBY yang prorakyat dapat dioptimalkan dengan baik untuk masyarakat. Salah satu contoh program Jaminan Kesehatan nasional (JKN) dan program PNPM mandiri yang populer, bener-bener memperdayakan dan membangun desanya. Saya sangat apresiasi kepada SBY karena sudah memperhatikan masyarakat," kata Verna.

"Jangan sampai apa yang dirasakan saat ini oleh rakyat dikemudian hari tidak bisa dirasakan, seperti kesehatan gratis, pendidikan gratis. Jadi Presiden terpilih harus bener-bener dianjurkan harus ada program yang bisa dirasakan. Karena benar-benar dapat dirasakan oleh rakyat," katanya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014