Beijing (ANTARA News) - Laman BBC diblokir di Tiongkok, Rabu, beberapa jam setelah sebuah video yang menayangkan polisi Hongkong memukuli dan menendangi seorang demonstran prodemokrasi yang menyebar secara online.

Inilah untuk pertama kalinya laman BBB sama sekali diblokir di Tiongkok sejak Desember 2010 ketika tak bisa diakses sebelum seremoni Hadiah Nobel Perdamaian untuk pembangkang Tiongkok Liu Xiaobo.

Laman BBC berbahasa China telah diblokir di Tiongkok sejak diluncurkan pada 1999, selain pernah diblokir beberapa bulan sekitar masa Olimpiade Beijing 2008.

Direktur warta dunia BBC Peter Horrocks mengatakan langkah ini adalah jelas bentuk penyensoran.

"BBC mengecam keras setiap upaya pembatasan akses bebas ke berita dan informasi dan kami memprotes pihak berwenang Tiongkok," kata Horrocks.

"BBC menyediakan berita imparsial yang terpercaya bagi jutaan orang di seluruh dunia, dan upaya menyensor layanan berita kami hanya menunjukkan betapa pentingnya menyiarkan informasi akurat kami kepada mereka," sambung dia.

Di Twitter, kepala biro Asia BBC Jo Floto menegaskan bahwa pemerintah Tiongkok juga melakukan praktik tak biasa dengan memburamkan BBC World selama demonstrasi Hongkong", demikian AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014