Jakarta (ANTARA News) - Warga akan mendapat jamuan bakso dan mie ayam gratis pada pesta rakyat untuk menyambut presiden dan wakil presiden baru pada 20 Oktober 2014.

Sebanyak 870 pedagang bakso dan mie ayam akan menyediakan makanan di sepanjang jalur Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Koordinator Divisi Pesta Kuliner Rakyat Panitia Nasional Pesta Rakyat Chrisna Murti mengatakan sajian makan gratis tersebut digelar sebelum kirab budaya.

"Kuliner ini sumbangan dari rakyat untuk rakyat dalam menyambut pemimpin rakyat dan mengantar ke istana rakyat," katanya di Jakarta, Kamis.

Masyarakat yang turut dalam pesta rakyat sudah dapat menikmati makanan gratis itu sejak pukul 10.00 WIB.

"Setelah makan, sekitar pukul 12.00 WIB masyarakat akan mengikuti kirab budaya dari HI menuju Monas," katanya.

Untuk memudahkan warga mengenali pedagang bakso dan mie ayam yang menyediakan makanan gratis, panitia akan menempel stiker bertuliskan "makan gratis sampai habis" di gerobak pedagang.

Chrisna menambahkan, selain bakso dan mie ayam, panitia juga menyediakan berbagai aneka minuman dan makanan ringan.

"Selama ini pedagang kecil masih terpinggirkan, dalam pesta rakyat ini mereka dilibatkan langsung," katanya.

Chrisna mengatakan panitia nasional masih menerima sumbangan kuliner dari berbagai pihak untuk memeriahkan pesta rakyat menyambut pemimpin baru pada Senin (20/10).

Sajian khas Nusantara, ia melanjutkan, juga akan disediakan di sepanjang jalur Bundaran HI menuju Monas.

Selain di sepanjang jalan HI menuju Monas, gerobak makanan juga disediakan di beberapa titik di lapangan Monas dalam pesta rakyat yang digelar pada pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden periode 2014-2019.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014