Jakarta (ANTARA News) – Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani berkeyakinan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla akan berjalan lancar.


“Ya, tentu saja kita semua namanya bersemangat dan bersiap-siap bahwa Insya Allah pelantikan Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla, berjalan baik, berjalan lancar, tentu saja tidak ada suatu hal yang terjadi,” kata Puan di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan, dari pembicaraan dan pantauan  yang dilakukan dengan Jokowi-JK dan Ketum Megawati Soekarnoputri, koordinasi terkait pelantikan sudah berjalan dengan baik.

“Insya Allah pemerintah hari ini kemudian, tentu saja DPR juga protokol yang ada di istana presiden, sudah melakukan koordinasi yang cukup baik. Kita sepakat, Insya Allah pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang bisa berjalan dengan baik,” kata Puan.


Sedangkan rencana serah terima jabatan antara Presiden SBY dan Jokowi, Puan mengaku tidak tahu mekanisme yang biasa dilakukan.

“Saya enggak tahu bagaimana teknisnya, tapi yang pasti semua presiden yang kemarin menjabat Insya Allah akan hadir, dan semua tamu negara sahabat bahkan tamu negara lain akan hadir atau diwakili,. Semua sudah confirm ikut dalam pelantikan Jokowi- JK,” ujar Puan.

Berikut rundown acara pelantikan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla tanggal 20 Oktober 2014:

10.00 WIB Jokowi-JK menghadiri sidang paripurna MPR
10.20 WIB Pengucapan Sumpah/Janji Presiden
10.25 WIB Pengucapan Sumpah/Janji Wakil Presiden
10.45 WIB Pidato Presiden Terpilih
11.00 WIB Pidato penutupan, Doa dan Penutupan Sidang Paripurna MPR
11.10 WIB Acara Selesai dilanjutkan dengan jamuan kenegaraan
12.00 WIB Jokowi-JK meninggalkan Gedung DPR/MPR menuju Semanggi
12.10 WIB Jokowi-JK tiba di Semanggi dan naik andong untuk diarak hingga Istana
12.40 WIB Tiba di Istana disambut Presiden SBY. Dilanjutkan dengan upacara penyambutan, tur singkat keliling Istana, lalu pelepasan SBY keluar Istana.
15.00 WIB Jokowi-JK ikut pesta rakyat di Monas
17.00 WIB Jokowi-JK kembali masuk ke Istana
19.00 WIB Jokowi-JK kembali ke Monas untuk melepas 7.000 lampion
22.00 WIB Acara selesai.



Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014