Jakarta (ANTARA News) - Panitia Nasional Syukuran Rakyat menerima sumbangan 25.000 nasi bungkus dari relawan untuk menggelar acara makan gratis menyambut presiden dan wakil presiden baru pada 20 Oktober.

"Makanan itu untuk masyarakat yang ikut pesta rakyat menyambut pemimpin baru," kata Ketua Umum Relawan Wong Cilik, Aminudin, saat mengantarkan sumbangan ke Media Center Jokowi di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis.

Relawan Wong Cilik memesan nasi bungkus sumbangan mereka dari pedagang warteg dan warung makan Padang di Jakarta.

Selain memberikan 25 ribu nasi bungkus, sebanyak 1.250 orang penyumbang yang bergabung dalam Relawan Wong Cilik juga menyediakan 10 ribu dus minuman dan 50 peti buah jeruk.

Nilai sumbangan itu, menurut Aminudin, total Rp385 juta yang dikumpulkan sejak 22 Agustus 2014.

Para penyumbang, menurut dia, antara lain berasal dari berbagai kalangan termasuk petani dan pengusaha kecil dengan jumlah sumbangan bervariasi dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta per orang.

Sumbangan relawan tersebut akan dibagikan kepada peserta pesta rakyat yang mengikuti kirab dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Monumen Nasional (Monas).

Koordinator Divisi Kuliner Rakyat Panitia Nasional Pesta Rakyat Chrisna Murti mengatakan panitia masih menerima sumbangan dari masyarakat untuk memeriahkan pesta rakyat menyambut pemimpin baru Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Senin (20/10).

"Kami masih menerima sumbangan makanan untuk dimakan bersama saat pesta rakyat," katanya.

Asosiasi jasa boga, ia melanjutkan, juga akan memberikan sumbangan berupa kue atau makanan ringan.

Dalam acara pesta rakyat itu juga akan disediakan bakso dan mie ayam gratis di sepanjang jalan dari Bundaran Hotel Indonesia sampai Monas.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014