Kementerian Perhubungan serius untuk meningkatkan dan memperkuat konektivitas di kawasan timur termasuk Maluku dengan meningkatkan infrastruktur perhubungan baik laut, udara maupun akses jalan,"
Ambon (ANTARA News) - Pelaksana tugas (Plt) Menteri Perhubungan Bambang Susantono menegaskan konektivitas antar wilayah di Kawasan Timur Indonesia, termasuk di Provinsi Maluku akan terus ditingkatkan.

"Kementerian Perhubungan serius untuk meningkatkan dan memperkuat konektivitas di kawasan timur termasuk Maluku dengan meningkatkan infrastruktur perhubungan baik laut, udara maupun akses jalan," kata Bambang Susantono di Ambon, Kamis.

Bambang berkunjung ke Ambon bersama Menteri Koordinatir (Menko) Perekonomian Chairul Tanjung atas perintah mendadak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono guna meresmikan sejumlah proyek perhubungan di Kota Tual dan Maluku Tenggara.

Dia mengakui, masalah konektivitas di Maluku baik antarpulau maupun dengan provinsi lain di Maluku, sangatlah penting dan merupakan faktor utama peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, mengingat karakteristik daerah ini yang terdiri dari ribuan pulau.

"Karena itu ketersediaan sarana transportasi baik darat, laut maupun udara sangatlah diperlukan guna membuka keterisolasian dan mempermudah akses masyarakat dari pulau yang satu ke pulau lainnya, maupun ke provinsi lain," katanya.

Diakuinya membangun jaringan transportasi antarwilayah di Maluku tidaklah mudah karena membutuhkan anggaran besar.

"Tetapi kami serius untuk membangun jaringan transportasi di Maluku, sehingga arah dan laju pembangunan di daerah ini terus meningkat," katanya.

Bambang Susantono mengakui kehadirannya mendampingi Menko Perekonomian juga dimanfaatkan untuk melihat dengan mata kepala sendiri jaringan konektivitas khususnya untuk wilayah kepulauan guna dijadikan masukan untuk pemerintahan baru dibawah kepemimpinan Joko Widodo sebagai Presiden.

"Kami akan melihat dan menghimpun berbagai masukan dan masalah terkait kenektivitas antarpulau di Maluku, sehingga menjadi masukan untuk membangun jaringan konektivitas yang kuat di provinsi ini," katanya.

Terkait masalah program "trans Maluku" yang digagas Pemprov Maluku untuk dikembangkan hingga tahun 2025, Bambang Susantono yang juga Wakil Menteri Perhubungan tersebut menegaskan akan terus didukung.


(KR-JA/R010)

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014