Madrid (ANTARA News/Reuters) - Lionel Messi akan memiliki peluang lain untuk menyamai atau melampaui rekor 251 gol Liga Spanyol milik Telmo Zarra yang sudah bertahan selama enam dekade, ketika Barcelona menjamu tim promosi Eibar pada sabtu.

Kapten Argentina sekaligus peraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia sebanyak empat kali itu telah mengemas 249 gol di liga teratas Spanyol, sejak ia memainkan pertandingan pertamanya pada Kamis tepat sepuluh tahun silam saat masih berusia 17 tahun.

Gol-gol Messi - total ia telah membukukan 361 gol dari 434 pertandingan resmi - telah membantu klub Katalan itu memenangi 21 trofi dalam satu dekade terakhir, termasuk enam gelar Liga Spanyol dan tiga mahkota Liga Champions.

Banyak disebut-sebut sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah sepak bola, pemain 27 tahun itu dihujani pujian menjelang perayaan satu dekadenya, meski ayahnya, Jorge, menegaskan bahwa putranya tidak terpengaruh oleh sanjungan atau kritikan.

"Terdapat masa-masa ketika ada terlalu banyak pujian dan pada momen-momen lain kritik begitu tajam," kata Jorge Messi pada wawancara dengan radio Spanyol pada Kamis.

"Anda harus berhenti di suatu tempat di tengah-tengah dan melihat ke depan," tambahnya.

"Ia (Lionel) membaca dan mendengar siapapun dan saya tidak tahu bagaimana ia melakukannya, namun ia tidak terpengaruh baik itu hal baik atau hal buruk."

"Orang-orang tidak mengenalnya. Ia merupakan pemuda yang sangat normal, seperti yang lain. Ia menghabiskan waktu dengan kelurganya, ia bersenang-senang, ia berusaha untuk menikmati hidup. Ia tidak berbeda."

Jika Messi gagal untuk menyamai atau melampaui rekor Zarra pada Sabtu, peluang berikutnya adalah pada pertandingan "Clasico" Liga Spanyol di markas Real Madrid pada pekan depan.

Pertandingan itu berlangsung sehari setelah skors Luis Suarez karena menggigit pemain lawan di Piala Dunia habis, dan penyerang Uruguay itu berpeluang melakukan debut resminya untuk Barca di Bernabeu.

Start solid

Barca bertekad bangkit pada musim ini setelah gagal memenangi satu trofi utama pun pada musim lalu, yang merupakan untuk pertama kalinya dalam enam tahun.

Mereka menorehkan start solid di bawah pelatih baru Luis Enrique dan unggul dua angka atas Valencia di puncak klasemen setelah memainkan tujuh pertandingan.

Messi telah mengoleksi enam gol dari tujuh pertandingan, dan itu memperlihatkan betapa tingginya ia menerapkan standar pada tahun-tahun belakangan, di mana pada musim ini ia disebut masih tampil di bawah standar.

Crisiano Ronaldo, yang mengakhiri dominasi empat tahun Messi sebagai Pemain Terbaik Dunia dengan memenangi penghargaan itu pada musim lalu, tampil lebih tajam dengan koleksi 13 gol dari enam pertandingan Liga Spanyol untuk Real, dan akan berupaya menambah koleksinya saat tim ibukota itu berhadapan dengan Levante pada Sabtu.

Real, yang terlihat telah bangkit dari keterpurukan awal musim, tertinggal empat angka dari Barca di peringkat keempat, di mana Valencia, yang bermain di markas Deportivo La Coruna pada Minggu, menduduki peringkat kedua dan Sevilla, yang dijamu Elche juga pada Minggu, berada di peringkat ketiga.

Juara musim lalu Atletico Madrid berada di peringkat kelima, tertinggal lima angka dari Barca, menjelang pertandingan mereka menjamu Espanyol pada Minggu.

Pasukan Diego Simeone takluk 1-3 di markas Valencia pada pertandingan terakhirnya, kekalahan pertama mereka musim ini.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014