Negara sangat membutuhkan peran aktif pengusaha untuk mendorong perekonomian nasional, terutama dalam menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran, kemiskinan dan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI, Setya Novanto mengatakan, peran pengusaha sangat diperlukan oleh bangsa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Negara sangat membutuhkan peran aktif pengusaha untuk mendorong perekonomian nasional, terutama dalam menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mengurangi pengangguran, kemiskinan dan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Setya Novanto dalam sambutannya pada pertemuan pimpinan DPR RI dengan pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dan Asosiasi Industri Nasional di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

DPR RI juga meyakini dengan adanya partisipasi aktif pengusaha dalam pembangunan ekonomi, khususnya sektor industri, cita-cita Indonesia dalam memajukan perekonomian akan mudah dicapai.

"DPR RI menyadari bahwa KADIN memiliki posisi yang sangat strategis sebagai organisasi yang mewadahi para pengusaha Indonesia," katanya.

Acara yang diselingi dengan makan malam ini, juga menjadi penting sebagai salah satu forum komunikasi anak bangsa dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

"Pertemuan dengan Kadin ini juga dalam rangka mengantisipasi perkembangan ekonomi ke depan, termasuk pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)," kata dia.

Disebutkan Novanto, DPR RI periode 2009-2014 bersama pemerintah telah berhasil mengesahkan UU Nomor 3/2014 tentang Perindustrian, UU Nomor 7/2014 tentang Perdagangan dan UU Nomor 20/2014 tentang Standarnisasi dan Penilaian Kesesuaian. "Hal ini dilakukan dalam rangka upaya meningkatkan daya saing produk industri dan barang serta jasa yang diperdagangkan," kata Novanto.

Selama ini, KADIN telah turut memberikan kontribusi dalam penyusunan kebijakan yang dilakukan. "DPR RI berharap kerjasama kemitraan yang telah dibangun dengan baik ini dapat terus ditingkatkan agar melahirkan kebijakan-kebijakan yang dapat mendorong terciptanya kemajuan ekonomi Indonesia yang lebih baik," kata Novanto.

DPR RI mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh KADIN dalam mempromosikan potensi ekonomi Indonesia di dunia internasional. "Keikutsertaan Kadin di forum-forum ekonomi internasional KADIN memberikan pemahaman yang jelas kepada pihak asing akan penting dan menguntungkan berusaha di Indonesia," ungkapnya.

Hadir juga pimpinan DPR RI lainnya seperti Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, Agus Hermanto, Taufik Kurniawan dan sejumlah anggota DPR RI. Sementara dari KADIN, terlihat Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto. (Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014