Malam ini 20 petugas kami hanya berjaga dengan peralatan seadanya agar kebakaran tidak sampai ke jalan yang menuju ke Kawah Ijen. Kami juga mempertimbangkan keselamatan petugas kami,"
Bondowoso (ANTARA News) - Kebakaran yang terjadi di kawasan cagar alam Kawah Ijen, Jawa Timur, Kamis malam belum berhasil dipadamkan dan diperkirakan telah mencapai sekitar 50 hinggaa 60 hektare.

"Malam ini 20 petugas kami hanya berjaga dengan peralatan seadanya agar kebakaran tidak sampai ke jalan yang menuju ke Kawah Ijen. Kami juga mempertimbangkan keselamatan petugas kami," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) III Jatim Sunandar Triguna Jasa ketika dihubungi Antara dari Bondowoso.

Ia menjelaskan bahwa kebakaran itu terjadi sejak Rabu (15/10), namun karena sulitnya medan di lokasi tersebut, petugas BKSDA hanya menggunakan alat seadanya, termasuk menggunakan ranting pohon.

Menurut dia, untuk membawa kendaraan pemadam kebakaran ke lokasi itu sangat susah, sehingga petugas BKSDA hanya bisa mendekati lokasi kebakaran dengan berjalan kaki.

"Untuk malam ini petugas kami lebih banyak memantau dan saya ingatkan agar mereka lebih memperhatikan keselamatan diri," katanya.

Sunandar menjelaskan, lokasi kebakaran itu berada di sebelah timur Kawah Ijen yang sering dikunjungi wisatawan dari berbagai negara dan tekenal dengan fenomena "blue fire" pada malam hari tersebut.

"Karena itu untuk mengantisipasi kemungkinan kebakaran itu semakin meluas, kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Banyuwangi. Kalau dengan Bondowoso belum, karena lokasi kebakaran lebih mengarah ke wilayah Banyuwangi," katanya.

Ia menjelaskan bahwa kebakaran yang hingga kini belum diketahui pasti penyebabnya itu belum sampai ke wilayah Paltuding, tempat terakhir wisatawan boleh menggunakan kendaraan bermotor.

Mengenai penyebab kebakaran, Sunandar mengemukakan bahwa hal tersebut masih dalam penelusuran, namun demikian pihaknya masih fokus pada upaya pemadaman.(*)

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014