New York (ANTARA News) -Harga minyak di New York berbalik lebih tinggi pada Kamis (Jumat pagi WIB), setelah sempat jatuh di bawah 80 dolar AS per barel, karena laporan persediaan minyak mentah AS yang bervariasi memacu kenaikan.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November, menguat 92 sen menjadi berakhir di 82,70 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange, lapor AFP.

WTI telah merosot ke 79,78 dolar AS per barel selama sesi, dalam penurunan pertama di bawah 80 dolar AS sejak Juni 2012.

Patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman November, naik 69 sen menjadi menetap pada 84,47 dolar AS per barel, melambung kembali dari 82,60 dolar AS di awal sesi, tingkat terendah sejak November 2010.

Keuntungan Kamis menghentikan kemerosotan selama tiga hari beruntun untuk kontrak AS yang didorong oleh pembengkakan produksi minyak, kekhawatiran atas melemahnya permintaan dan sinyal dari Arab Saudi dan anggota OPEC lainnya bahwa mereka tidak berencana untuk memangkas produksi dalam menanggapi harga minyak yang lebih rendah.

Beberapa pedagang membeli minyak mentah setelah menyimpulkan bahwa pasar "oversold," kata Bob Yawger, direktur divisi berjangka di Mizuho Securities.

Yawger mengatakan katalisnya adalah laporan persediaan Departemen Energi AS yang menunjukkan penurunan 4,0 juta barel pada persediaan bensin, lebih banyak dari penurunan 1,4 juta barel yang diproyeksikan oleh para analis, menurut sebuah survei Dow Jones Newswires.

Laporan ini juga menunjukkan penumpukan 8,9 juta barel dalam stok minyak mentah, lebih banyak dari yang diproyeksikan 2,2 juta barel.

"Permintaan bensin juga naik, dan itu berarti ... bahwa orang-orang cukup percaya dalam ekonomia," kata Yawger.

Harga WTI naik setinggi 84,83 dolar AS sebelum mundur kembali. Secara keseluruhan ayunan harga sepanjang hari lebih dari lima dolar AS -- rentang yang lebih besar dari normal dan merefleksikan volatilitas pasar yang lebih besar.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014