Solo (ANTARA News) - Beberapa ekor kuda didatangkan dari kota Solo sebagai penarik kereta Kencana Sriningsih untuk kirab Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam pelantikan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Dua ekor kudanya akan digunakan untuk menarik kereta kencana milik Pak Jokowi saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Jakarta, Senin (20/10)," kata Mudjiono (38), pemilik kuda yang warga Jajar RT 03/06 Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah, di Solo, Jumat.

Mudjiono yang juga selaku kusir kereta Kencana Sriningsih milik Jokowi tersebut, mengaku belum tahu rencana rute yang dilewati mantan Wali Kota Surakarta itu.

"Saya hanya diminta untuk membawa kedua ekor kudanya ke Jakarta, Jumat sore ini, dengan kendaraan truk. Namun, saya tidak tahu rute arak-arak Pak Jokowi dan Pak JK saat acara pelantikan," kata Mudjiono.

Ia mengatakan dua kuda yang diberi nama Agustin dan Srikandi tersebut, usianya sekitar tujuh tahun.

Kedua ekor kuda itu, memang sering digunakan oleh Pak Jokowi untuk berbagai kegiatan kirab, sejak menjabat Wali Kota Surakarta hingga saat ini.

"Kereta Kencana Sriningsih milik Pak Jokowi yang membuat dari orang Keraton Kasunanan Surakarta," katanya.

Ia menjelaskan rencananya empat ekor kuda dibawa ke Jakarta, termasuk dua ekor miliknya yang keturunan kuda dari Australia, dan dua lainnya dikirim dari Karanganyar.

Kedua ekor kuda itu betina dan sering digunakan untuk pacuan. Ia diberi tugas sebagai kusir kereta kencana saat kirab.

"Saya bertugas membawa dua ekor kuda dan menyiapkan pakannya ke Jakarta. Saya juga sebagai kusir kereta kencana yang ditumpangi Pak Jokowi," kata Mudjiono.

Sementara itu, sebagian masyarakat Kota Solo juga bersiap-siap melakukan beberapa kegiatan untuk menyambut pelatikan Presiden terpilih Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla, salah satunya menyiapkan sejumlah poster bergambar Jokowi.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014