Jakarta (ANTARA News) - DPR RI mengharapkan dukungan media massa untuk berpartisipasi aktif dalam proses penguatan demokrasi dengan membangun parlemen modern yang berdasarkan tiga indikator.

Tiga indikator tersebut, kata Ketua DPR RI, Setya Novanto, parlemen yang mudah diakses oleh publik, parlemen yang berbasis informasi dan teknologi dan parlemen yang berperan dan berfungsi sebagai lembaga perwakilan rakyat dalam menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan serta representatif dan diplomasi.

"Media massa berperan sebagai sarana komunikasi antara DPR RI dan masyarakat untuk setiap pelaksanaan fungsi DPR. Hal ini sangat penting bagi DPR RI agar media selalu memberitakan informasi, kegiatan-kegiatan, keputusan-keputusan yang diambil, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan, serta political statemen dari masing-masing anggota DPR. Ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman tentang DPR sebagai upaya mencerdaskan bangsa," kata Setya Novanto dalam sambutannya dalam pertemuan Silaturahmi Pimpinan DPR RI dengan pimpinan Media Massa di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Dalam pertemuan yang bertajuk "Penguatan Demokrasi Menuju Parlemen yang Modern", Novanto menyebutkan DPR secara kelembagaan sangat terbuka bagi media massa untuk dapat meliput berbagai aktivitas dan kegiatan yang terjadi di gedung DPR RI.

DPR RI, katanya, melalui Sekretariat Jenderal DPR RI berusaha menyediakan fasilitas yang dibutuhkan oleh teman-teman media dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik.

"DPR membuka ruang yang seluas-luasnya kepada teman-teman pimpinan redaksi untuk dapat melakukan komunikasi agar DPR dan Media Massa dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya dengan peran dan fungsi masing-masing," kata Novanto.

Pertemuan pimpinan DPR RI dengan pimpinan redaksi memiliki arti penting bagi upaya peningkatan hubungan yang konstruktif antara DPR dan media massa yang selama ini telah terjalin dengan baik.

"Peran dan fungsi media massa mempunyai sejarah yang panjang dalam perjalanan bangsa Indonesia sejak kemerdekaan hingga reformasi. Media Massa saat ini menjadi alat kontrol sosial, bahkan menjadi bagian dari proses penguatan demokrasi sebagai pilar keempat demokrasi," kata Novanto.

Hadir dalam pertemuan itu, Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, Agus Hermanto, Fadli Zon, Taufik Kurniawan. Juga terlihat sejumlah anggota DPR RI seperti Aziz Syamsuddin, Abu Bakar Al Habsy, Tantowi Yahya.(*)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014