Madrid (ANTARA News) - Pelatih Barcelona Luis Enrique menegaskan pada Jumat bahwa Luis Suarez tidak gemuk, ketika penyerang kontroversial asal Uruguay itu bersiap untuk kembali bermain pada pertandingan kompetitif.

Setelah skorsnya karena menggigit pemain lawan di Piala Dunia berakhir, Suarez semestinya dapat melakukan debut Barcelonanya saat tim barunya itu melawan musuh bebuyutan Real Madrid pada 25 Oktober, dan Enrique menolak komentar-komentar yang dibuat oleh sejumlah media mengenai kebugaran Suarez.

"Sulit untuk mengevaluasi apakah ia berada pada 70, 80, 90, atau 100 persen namun apa yang sudah pasti adalah ia merasa lebih baik saat latihan," kata Enrique.

"Ia berada dalam kondisi dinamis tertentu selama beberapa waktu dan fakta bahwa ia dapat bermain untuk negaranya membuat ia telah menemukan kembali kehidupan hariannya sebagai pesepak bola."

"Kami melihat ia berlatih setiap hari, ia merupakan pesepak bola seperti yang lain dan apa yang sudah jelas adalah ia tidak gemuk," katanya seperti dikutip AFP.

"Ia tidak pernah seperti itu (gemuk), meski semua yang telah dikatakan. Ia berada dalam bentuk bugar selama beberapa bulan maka semua baik-baik saja."

Suarez pindah dari Liverpool ke Barcelona dengan biaya transfer sebesar 95 juta euro setelah terjadi kontroversi di mana ia menggigit bek Italia Giorgio Chiellini di Piala Dunia dan diskors selama empat bulan. Suarez juga diskors untuk sembilan pertandingan internasional.

Meski Suarez telah bermain pada pertandingan-pertandingan persahabatan untuk klub dan negaranya selama menjalani skors, mencetak dua gol saat melawan Oman pada Senin, ia tidak diperbolehkan bermain pada pertandingan-pertandingan resmi.

Barcelona memimpin klasemen Liga Spanyol setelah tujuh pertandingan dan akan menjamu Eibar pada Sabtu.

Suarez mengatakan pada pekan ini, ketika ia menerima penghargaan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak di Eropa - yang diraihnya bersama Cristiano Ronaldo - bahwa mulai membela Barcelona merupakan "impian yang menjadi kenyataan."

Saat ditanyai apakah ia 100 persen siap untuk pertandingan melawan Real, ia berkata, "Jika Anda menanyakan kepada saya sepekan silam, sebelum dua pertandingan dengan Uruguay, saya mungkin memiliki keraguan."

"Namun saya telah bermain pada dua pertandingan (persahabatan) itu dan saya mungkin berada pada kondisi yang lebih baik daripada yang saya pikirkan. Maka saya pikir saya dapat katakan sekarang, ya, 100 persen, saya siap untuk bermain."

(H-RF)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014